Definisi Pendidikan Keluarga

Pendidikan dalam konsep disiplin ilmu merupakan suatu proses dimana setiap orang dapat mengembangkan segenap kemampuan mereka baik itu sikap serta pola prilaku dalam kehidupan bermasyarakat dalam tempat tinggal mereka. Pendidikan juga dapat kita artikan sebagai suatu proses intraksi atau timbal balik dari setiap individu atau manusia dalam melakukan penyesuaian dengan yang lainnya. Dari uraian diatas maka pendidikan sangat penting bagi setiap manusia sebagai bekal berintraksi dengan sesama dan sebagai modal dalam menjalankan kehidupan agar terhindar dari petaka kebodohan yang berakibat pada timbulnya generasi yang tidak mengenal dirinya dan lingkungannya.

Setelah penulis menggambarkan sedikit ulasan tentang pendidikan maka uraian  kali ini penulis akan menjelskan apasih yang dimaksud dengan Keluarga. Keluarga meurut pemahaman penulis adalah keluarga adalah bagian dari satu kesatuan insan yang dibangun dalam kelompok-kelompok kecil dan tersusun atas dasar cinta dan kasih sayang. Referensi yang dikutip dalam wikipedia menjelaskan bahwa keluarga merupakan unit terkecil dari masyarakat yang tersusun atas kepala keluarga dan beberapa orang yang terkumpul dan tinggal bersama pada suatu tempat dibawah satu atap dalam kondisi atau keadaan saling membutuhkan alias saling ketergantungan.

Dalam kehidupan ini keluarga memiliki bebrapa peran dan fungsi yang terdiri dari :
  1. Fungsi pendidikan karekater akhak mulia
  2. Fungsi sosialisasi bagi anggota keluarga dalam hal ini adalah anak
  3. Fungsi pengayom dan perlindungan bagi keluarga yang telah dibangun
  4. Fungsi cinta kasih sayang terhadap anggota keluarga
  5. Fungsi penyedia kebutuhan ekonomi dan pendidikan bagi anggota keluarganya
  6. Fungsi biologis (sex) untuk menambah keturunan 
  7. Fungsi menjalakan aktifitas keseharian atau rekreatif dan masih banyak lagi yang lainnya
Definisi dan Pengertian Pendidikan Keluarga

Nah itulah sedikit gambaran tentang keluarga, lalu pandangan secara umum, keluarga dapat dikelompokkan menjadi 3 jenis yaitu keluarga inti, keluarga konjugal (pasangan dewasa), dan keluarga luas. Untuk itu mari kita sama-sama simak dan baca penjeasan dibawah ini:

Keluarga Inti
Keluarga inti yiatu suatu jenis keluarga yang paling utama sekaligus paling sedikit cakupannya. walaupun demikian, keluarga inti ini adalah salah satu dari jenis keluarga yang memegang peranan besar dalam kehidupan setiap orang. Jenis keuarga ini hanya terdiri dari: ayah (Amaq), ibu (Inaq), dan anak (anaq).
Keluarga Konjugal 
Jenis keluarga konjugal merupakan keluarga yang terdiri dari ayah, ibu, anak, yang dilengkapi dengan kegiatan interaksi sosial dari orang tua ayah, ibu (kakek, nenek atau dalam istilah sasak papuq nina papuq mama). Bila dibandingkan dengan keluarga inti, cakupan keluarga konjugal cenderung jauh lebih luas dan juga lebih kompleks tentunya.
Keluarga Luas
Keluarga luas adalah salah satu jenis keluarga dengan jumlah personil cukup banyak yang cakupannya paling besar. Keluarga luas meliputi personil keluarga konjugal yang telah dilengkapi dengan keberadaan sobat dan kerabat yang lebih kompleks seperti paman, bibi, sepupu, naken, dan berbagai personel keluarga lainnya dari longgor boyot hingga generasi paling terkecil dari sebuah komunitas masyarakat.

Berangkat dari hal tersebut maka keluarga adalah bagian terpenting untuk ditata pendidikannya agar menjadi keluarga yang sejati. Berdasarkan konsep diatas maka pendidikan keluarga adalah bagian yang tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya. Pembentukan karakter dan budi pekerti yang luhur akan tertanam dengan baik jika fungsi utama keluarga berjalan dengan baik. Dengan kata lain sumber pendidikan yang paling berpengaruh dalam kehidupan berawal dari pendidikan keluarga. sebagaimana contoh ketika ada orang tua yang mendidik anak-anaknya berprilaku kasar, maka semangat dan jiwa yang kasar akan dibawa dalam berintraksi dengan yang lainnya. Sebaliknya jika fungsi pendidikan keluarga sejak dini diberikan bekal dan pengetahuan yang baik , maka anak tersebut akan tumbuh dan berkembang sebagai insan yang baik pula.

Berdasarkan uraian tersbut diatas maka, Definisi Pendidikan Keluarga adalah suatu usaha sadar atau terencana yang dilakukan orang tua, karena mereka pada umumnya merasa terpanggil (secara naluriah) untuk membimbing dan mengarahkan, pengendali dan pembimbing (direction control and guidance, konservatif (mewariskan dan mempertahankan cita-citanya), dan progressive (membekali dan mengembangkan pengetahuan nilai dan ketrampilan bagi putra-putri mereka sehingga mampu menghadapi tantangan hidup di masa datang. Selain itu, keluarga juga diharapkan dapat mendidik anak agar mempunyai kepribadian yang kuat nantinya dapat dikembangkan dalam kehidupan disekolah dan bermasyarakat pada umumnya. #LiterasiKeluarga

Post a Comment

0 Comments