Aplikasi Pengolahan Nilai Derajat Kompetensi Paket C

Cara menghitung nilai di halaman belakang ijazah terdapat dua nilai yaitu 1) nilai rata-rata Derajat Kompetensi (NDK), nilai Derajat Kompetensi merupakan nilai rata-rata tiap semester; dan 2) Nilai Ujian Pendidikan Kesetaraan (UPK), Nilai Ujian Pendidikan Kesetaraan yaitu nilai ujian sekolah berstandar nasional (USBN) pada pendidikan non formal. Tidak ada pembobotan (persentase) antara nilai rata-rata semester dan nilai ujian pendidikan kesetaraan. Apalagi pembobotan (persentase) dengan nilai ujian nasional, karena ujian nasional tidak menentukan kelulusan.

Merujuk pada Peraturan Kepala Balitbangdikbud Nomor 018/H/EP/2017 tertanggal 6 April 2017 Lampiran III tentang Petunjuk Teknis Penulisan Ijazah Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah Tahun Pelajaran 2016/2017, pada halaman 12 disebutkan bahwa : Nilai derajat kompetensi untuk (1) Paket A adalah nilai rata-rata mata pelajaran sejak semester VII sampai dengan semester XII (atau nilai rata rapor setara kelas IV sampai dengan setara kelas VI); (2) Paket B adalah nilai rata-rata mata pelajaran sejak semester I sampai dengan semester VI; dan (3) Paket C adalah rata-rata mata pelajaran sejak semester III sampai dengan semester VI. Sedangkan nilai pendidikan kesetaraan diambil dari nilai ujian akhir atau sebagaimana nilai ujian sekolah pada pendidikan formal. 

Nilai Ujian Pendidikan Kesetaraan dan Nilai Pendidikan Kesetaraan Paket A, Paket B, dan Paket C ditulis dengan menggunakan bilangan bulat dalam rentang nilai 0 – 100 (tanpa desimal).. Ijazah  Paket A, Paket B, dan Paket C diisi oleh panitia penulisan Ijazah pendidikan kesetaraan yang dibentuk oleh Ketua PKBM. Jadi sebelum melakukan penulisan ijazah harus dibentuk panitia penuisan ijazah, panitia ini bertanggungjawab dan bertugas melakukan penulisan ijazah seseuai ketentuan yang berlaku.

Aplikasi Pengolahan Nilai Derajat Kompetensi dan Nilai Pendidikan Kesetaraan

Dalam kesempatan ini penulis mencoba untuk mebuat desain Aplikasi Pengolahan Nilai Derajat Kompetensi dan Nilai Pendidikan Kesetaraan untuk mempermudah kita dalam menghitung Nilai Derajat Komptensi dan Nilai Ujian Pendidikan Kesetaraan, jika terdapat kekeliruan harap disampaikan ke penulis guna penyempurnaan yang lebih baik. Harap dicek sebeleum digunakan agar tidak terjadi kesalahan dalam penggunaan dan pemanfaatan aplikasi ini.. terima kasih

Post a Comment

1 Comments

Bagai mana menurut anda informasi yang disajikan oleh penulis kepada anda ?