Peringatan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 H

Bulan Ramadhan merupakan bulan bulan yang sangat mulia bagi ummat islam dimana pada bulan ramadahan diturunkannya kitab suci Al Qur’an, dalam QS. Al-Baqarah Ayat 185 dijelaskan bahhwa “Bulan Ramadhan adalah bulan bulan diturunkannya Al Qur’an. Al Quran adalah petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda antara yang hak dan yang bathil”

Dalam kitab suci Al-Qur’anul karim, seruan untuk berpuasa secara jelas diperintahkan kita semua untuk menjalankan atau menunaikan ibadah puasa sebagaimana disebutkan dalam Qur’an Surat Al-Baqarah Ayat 183 yang artinya “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa”

Nah, berdasarkan ayat ayat diatas maka sudah ramadhan adalah salah satu bulan yang paling mulia diantara bulan bulan yang lainnya dimana pada bulan ramadhan terdapat suatu malam yang disebut dengan malam lailatul qadar atau malam ketetapan sebagaimana yang digambarkan dalam Al-Qur'an. Selanjutnya menjalankan ibadah puasa adalah suatu kewajiban bagi kaum yang beriman sebagai mana yang telah diwajibkan atas orang-orang sebeleum mereka untuk berpuasa agar meraka senantiasa bertaqwa kepada Allah SWT

Pasca menjalankan ibadah puasa kita sudah banyak mengenal istilah lebaran atau yang biasa disebut dengan persayaan hari raya idul fitri yang dilakasnakan tepatnya pada tanggal 1 syawal. Momentum peringatan hari raya idul fitri  adalah salah satu ajang bagi kaum muslimin dan muslimat untuk saling bermaaf maafan agar kembali pada fitrahnya yaitu suci dari segala dosa selama hidupnya. 

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 H

Sebelum dan sesudah hari raya, kaum muslimin muslimat disunnahkan mengumandangkan takbir tahlil dan tahmid, merayakan hari raya Idul Fitri hukummanya sunnah muakkad biasanya dilaksananakan dimalam hari, dan pada pagi harinya dilaksanakan shalat sunnah Idul Fitri  dan pada pelaksanaannya disunnahkan melaksanakannya di tanah yang lapang. Sebelum melaksanakan shalat ibadah slahaat sunnah idul fitri imam shalat hendaknya mengingatkan kembali kepada jamaah agar yang belum membayar zakat fitrah agar sebgera mebayarnya sebab jika sudah selesai menjalan shalat Idul fitri maka bukan zakat fitrah namanya melainkan sedekah biasa.

Sahbat yang berbahagia melalui perayaan hari raya idul fitri 1440 Hijriah 5 Juni tahun 2019 semoga Alah SWT menampuni segala dosa dan kesalahan kita dan dikembalikan pada fitrah semula yaitu suci dari segala dosa dan khilaf dan semoga dengan perayaan idul fitri ini semakin meningkatkan kualitas ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Amin amin ya robbal a lamin. Penulis atas nama keluarga mengucapkan mohon maaf yang sebesar besarnya kepada pengunjung setia blog ini semoga shilaturrahmi kita tetap terjalin dan kita semua senantiasa mendapatkan rahmat dan ampunan dari Allah SWT. Amin amin ya mujibassailin. terima kasih.

Post a Comment

0 Comments