Aplikasi Pengolahan Nilai Uraian USBN SD/MI

Berikut ini adalah petunjuk Pemeriksaan dan Pengolahan Hasil USBN SD/MI Tahun 2019 untuk item penilaian Nilai hasil uraian siswa untuk 3 mata pelajaran yaitu Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA. Silahkan simak penjelasan dibawah ini.
A. Soal Bentuk Pilihan Ganda
Soal USBN bentuk pilihan ganda diperiksa menggunakan alat pemindai/scanning dengan menggunakan aplikasi yang disiapkan dan dipindai di Dinas Dikbud Kabupaten Lombok Timur, mulai tanggal 22 April s.d. 15 Mei 2019 (3 minggu=24 hari).
B. Soal Bentuk Uraian

  1. Soal bentuk uraian diperiksa secara manual oleh dua orang guru sesuai mata pelajarannya, mengacu pada pedoman penskoran.
  2. Jika terdapat selisih nilai antara kedua pemeriksa lebih dari 25% dari skor maksimum, pimpinan satuan pendidikan menugaskan pemeriksa ketiga.
  3. Nilai akhir soal uraian adalah rerata nilai dari semua pemeriksa.
  4. Nilai uraian menggunakan rentang nilai 0 – 100 (belum dilakukan bobot).
  5. Sekolah membuka website http://uraian2019.usbnsdntb.net

Aplikasi Input Nilai USBN SD/MI Tahun 2019

Setelah login, maka ada permintaan untuk ganti password baru, selanjutnya akan tampil dashboard nama sekolah, alamat dan database yang berisi nopes, nama dan daftar nilai uraian BIN=Bahasa Indonesia, MAT=Matematika, dan IPA=Ilmu Pengetahuan Alam.

Lakukan Download Template untuk entry nilai uraian (file dalam format rar) dengan nama file sesuai kode sekolah. Struktur nama file template yang didownload adalah 23-RRssss.rar . File rar ini harus diekstrak terlebih dahulu, sehingga diperoleh file excel (xls). File excel tersebut berisi Daftar Nama peserta Ujian di sekolah yang bersangkutan kemudian Pilih Choose File dan cari file excel nilai uraian sekolah anda, Jika berhasil upload, maka akan ada pemberitahuan
Aplikasi Input Nilai USBN SD/MI Tahun 2019

Catatan bahwa sistem Pengolahan Hasil USBN tahun pelajaran 2018/2019 jenjang SD/MI antara lain

  1. Nilai USBN merupakan gabungan nilai soal pilihan ganda dan nilai soal uraian, dengan rentang nilai 0 - 100.
  2. Bobot nilai pilihan ganda dan uraian dengan perbandingan yang proporsional, yaitu NA = 80% PG + 20 % UR, NA = Nilai Akhir PG = Pilihan Ganda UR = Uraian
  3. Daftar Kolektif Nilai USBN SD/MI Tahun 2019

Post a Comment

0 Comments