Sinkronisasi Tidak Terkoneksi Dengan Dabatase Server 2019

Pengunjung yang berbahagia prosesi perjalanan sinkronisasi dapodik terkadang menuai berbagai polemik baik itu keberhasil dan kegagalan dalam proses sinkronisasi data. Dalam kesempatan ini penulis mau berbagai terkait dengan permasalahan yang biasa terjadi saat transisi dapodik atau pembaharuan ke versi terbaru. Biasanya muncul permaslahan saat menjalankan proses sinkronisasi dan data berganda pada dapodik. Kali ini saya fokus mengatasi masalah "data berganda" dan mengatasi masalah data datapodik "tidak terkoneksi dengan database server" 

Kita langsung saja pada point pertama yaitu mengatasi masalah data berganda, data berganda biasanya cukup mudah untuk kita atasi yaitu dengan cara melakukan generate prefill dapodik pada laman Dapodikdasmen kemudian uninstal aplikasi dapodik yang terinstal dilaptop anda lalu restart kemudian lanjutkan dengan proses instalsi dapodik, copykan hasil generate prefil terbaru anda kemudian simpan di polder C dengan penamaan polder yaitu : Prefili_Dapodik. Silahkan lakukan proses registrasi baik secara ofline. Jika sudah berhasil lakukan refresh dengan menekan tombok F5 pada keyboad laptop anda. kemudian periksa data anda.. jika terdapat data berganda silahkan anda bisa langsung hapus secara manual di aplikasi dapodik anda.

Selanjutnya mengatasi masalah sinkrinisasi yang tidak terkoneksi dangan database server solusinya adalah sanagat mudah.. Pada tahun sebelumnya banyak yang memberikan saran untuk menunggu waktu luang kemudian melakukan sinkronisasi. Kali ini penulis pada tahun 2019 ini penulis memberikan saran dengan cara melakukan klik update versi pada kolom sinkronisasi, kemudian klik tombol sinkronisasi, jika masih tetap tidak terhubung lakukan double klik pada menu sinkronisasi maka akan muncul tombol PREFIL DATA DAN SINKRONISASI DAPODIK langsung dari aplikasi dapodik anda seperti gambar dibawah ini.
PREFIL DATA DAN SINKRONISASI DAPODIK

Silahkan masukkan kode registrasi sekolah anda, username dan pasword anda lalau klik login. Nah saudara saudara sekalian langlkan ini cukup praktis karena satu kerja dua laba, artinya kita dapat melakukan generate prefill dan langsung sinkronisasi data dari dalam aplikasi dapodik anda, silahkan anda dapat lihat tampilannya seperti gambar berikut ini
Sinkonisasi Dapodik 2019

Silahkan klik sikronisasi tunggu berberap menit untuk menyelesaikan proses sinkronisasi sampai selesai, bisanya proses sinkronisasi semacam ini agak lebih cepat. Bagi yang mau ngopi silahkan ngopi sambil menunggu selesai sinkron...Terima kasih atas kunjungan anda. jika anda ingin memberikan saran dan masukan kepada penulis silahkan komen positif untuk membangun yang lebih baik pada kolom komentar blog ini.. terima kasih

Post a Comment

1 Comments

  1. Terimakasih, Pak. Sya coba dulu, semoga berhasil. Kendala dapobsya tidak terkoneksi database server.

    ReplyDelete

Bagai mana menurut anda informasi yang disajikan oleh penulis kepada anda ?