Dapodik Paud Oline, Ofline dan Semi Online

Aplikasi Dapodik Paud versi 3.3.0 ada perubahan dalam hal melakukan registrasi, pada versi sebelumnya kita bisa melakukan registrasi melalui aplikasi dapodik paud  yang  sudah terinstal dengan cara  online  (terhubung melalui  internet) kemudian prefill akan turun otomatis  kedalam aplikasi dapodik paud. Untuk saat ini registrasi dilakukan melalui aplikasi manajemen, melalui alamat: https://manajemen.pauddikmas.org. Sebelum menggunakan aplikasi ini, mohon baca pedoman penggunaan terlebih dahulu pada alamat https://dapo.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2018/08/Pedoman-Dapodik-PAUD-2018.pdf 

Secara umum perubahan yang terdapat pada versi ini antara lain :
  1. Kode Registrasi PAUD diubah menjadi kode registrasi sepanjang 36 karakter.
  2. Satuan Pendidikan PAUD diberikan pilihan menggunakan aplikasi Dapodik Offline dan Online, sesuai dengan kemampuan jaringan di daerah masing-masing.
  3. Manajemen PTK (Penambahan, Penugasan PTK, Mutasi PTK) tidak lagi dilakukan oleh Satuan Pendidikan tetapi dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.

Pada Aplikasi Dapodik Offline (PAUD) v.3.3.0 2019 dapat menggunakan username dan password Dapodik yang sama dengan tahun ajaran lalu, tetapi menggunakan kode registrasi 36 karakter. Untuk memulai silahkan buka alamat https://manajemen.pauddikmas.org.
Dapodik Paud Ofline Versi 3.3.0
Setelah terbuka tampilan manajemen langkah selanjutnya kita daftarkan terlebih dahulu data satuan pendidikan  kita dengan menekan tombol Log In pada pojok kanan atas kemudian pilih  Satuan Pendidikan. Setelah memilih Satuan Pendidikan maka pilih pada Daftar Baru/Lupa Password, untuk mendaftarkan/ registrasi satuan pendidikan yang akan dipakai untuk menginput data dapodik Semi Offline. Langkah selanjutnya kita masukan Kode  Registrasi  dan juga  NPSN  satuan pendidikannya untuk dilakukan verifikasi terlebih dahulu. Setelah kita masukan  Kode Registrasi  dan  NPSN  selanjutnya kita klik tombol  Verifikasi  untuk mengecek betul tidak kode registrasi dan npsn yang kita masukan. Setelah dirasa betul oleh sistem selanjutnya akan muncul tampilan entri data operator pada manajemen.

Apabila sudah muncul tampilan registrasi kita mulai isikan datanya dan kita klik tombol Simpan. Baru setelah itu kita buka pada aplikasi DapoPaud kita dan kita mulai registrasikan kembali pada aplikasi DapoPaud. Kita sudah menyelesaikan satu tahap untuk registrasi. Setelah berhasil mendaftarkan lewat manajemen langkah berikutnya kita registrasi pada aplikasi Dapodik Paud Semi Online yang terinstal pada laptop/komputer satuan pendidikan.  Adapun inputan yang harus diisi diantaranya:  Username (email), Kode registrasi, Password dan Konfirmasi Password. Registrasi dilakukan dengan keadaan Online atau terhubung pada Internet.

Registrasi yang dilakukan pada aplikasi Dapodik Paud ini adalah untuk menurunkan file Prefill secara Online sehingga jika satuan pendidikan pada tahun ajaran sebelumnya sudah pernah menginput data dapodik. Perhatikan penjelasan terkait registrasi yaitu terdapat 3 jenis registrasi dan input data yang bisa dilakukan pada aplikasi Dapodik Paud versi 3.3.0
  1. Dapodik Online. Registrasi dan juga melakukan input data melalui Dapodik Online. 
  2. Dapodik Offline / Sinkronisasi Offline, Registrasi melalui aplikasi manajemen kemudian melakukan input data pada Dapodik Paud, Semi Online  (Aplikasi yang terinstal pada laptop), kemudian melakukan kirim data melalui Dapodik Paud Semi Online. 
  3. Dapodik Offline / Sinkronisasi Offline, Registrasi melalui aplikasi manajemen kemudian download prefill, setelah itu registrasi pada, Dapodik Paud Semi Online lalu kirim data melalui manajemen menggunakan file prefill hasil sinkronisasi Offline pada aplikasi Dapodik Paud Semi Online.

Kode Aktivasi atau Kode registrasi adalah “Kunci” untuk masuk kedalam aplikasi Dapodik PAUD. Kode registrasi ini bersifat rahasia dan jangan sampai ada orang lain yang tidak berkepentingan bisa mengetahui. Teknisnya kode registrasi ini akan dibagikan oleh Dinas Pendidikan setempat.  Pastikan Anda menggunakan kode registrasi  satuan pendidikan  Anda sendiri. Kode Registrasi digunakan pada saat mendaftar diaplikasi (registrasi) setelah selesai proses instalasi. Kode registrasi  pada versi 3.3.0 mengalami perubahan jumlah digit, pada versi sebelumnya berjumlah 8 digit untuk versi 3.3.0 berganti menjadi 36 jumlah digit dari kode registrasi. 

Kode registrasi bisa berubah jika ada satuan pendidikan ingin merubah cara input data seperti yang dijelaskan yaitu. Satuan pendidikan diawal registrasi memilih Dapodik Online kemudian setelah menginput data sebagian ingin merubah ke Semi Online, maka langkah yang harus dilakukan adalah melakukan reset pengguna pada manajemen setelah itu pilih ulang pada  metode sinkronisasi.
Untuk lebih jelas dan lengkapnya silahkan unduh dan baca Petunjuk Teknis Dapodik Paud Online, Ofline dan Semi Online 2019


Post a Comment

0 Comments