Cara mengatasi Data Login Tidak Valid, Error dan NSM Tidak Ditemukan Pada Emis Online

Salah satu permasalahan yang kerap dikeluhkan oleh operator EMIS SEKOLAH adalah tidak bisa login ke layanan emis online. Saat masuk disambut dengan keterangan 'data login tidak valid, Error, ataupun "Error, NSM tidak ditemukan". Melihat berbagai keluhan terkait gagal login ke situs emispendis.kemenag.go.id/emis_madrasah, Sebagaimana yang kita ketahui bersama, bhawa pada bulan Oktober lalu telah dilakukan penonaktifan seluruh akun operator emis. Para operator emis di tingkat madrasah ini diharuskan untuk melakukan pendaftaran ulang. Pendaftaran ulang ini kemudian diverifikasi oleh admin Emis tingkat Kabupaten/Kota. Bagi yang telah memenuhi persyaratan kemudian diberikan hak akses ke layanan EMIS ONLINE. Namun paka kenyataannya tidak sedikit yang mengaku tidak bisa login ke layanan emis tersebut.

Mengatasi gagal Login EMIS Guru PAI

Dalam kesempatan ini saya mencoba untuk memberikan beberapa tips dan tindakan yang dapat dicoba bagi operator yang satuan pendidikan yang masih belum bias login atau gagal login pada aplikasi emis. Mari kita simak prosesnya sebagai berikut :

Langkah awal adalam memastikan bahwa alamat situs Emis online yang dibuka telah benar. Alamat situs emis online untuk madrasah adalah https://emispendis.kemenag.go.id/emis_madrasah. Sedangkan emis SDM yang beralamat di emispendis.kemenag.go.id/emis_sdm hanya untuk mendaftar ulang akun operator dan tempat mengunduh file atau pengumuman terkait emis, jika tersedia.

Langkah berikusnya adalam  operator harus memastikan Akun Operator Telah Disetujui Admin. Atau Pastikan akun (username yang berupa email) yang telah didaftarkan telah benar dan telah aktif dan disetujui oleh Admin Emis di tingkat Kabupaten/Kota. Untuk memastikan akun tersebut telah aktif dan disetujui atau belum, caranya adalah:

  1. Buka alamat: https://emispendis.kemenag.go.id/emis_sdm/status.php
  2. Masukkan email yang telah di daftarkan pada kolom yang tersedia
  3. Klik menu "Cari" dan Segera, di bagian bawah akan dimunculkan status akun tersebut, lengkap dengan nama operator, nama lembaga, dan email. Statusnya meliputi: Aktif; Tidak/Belum Aktif/Ditolak (berarti belum disetujui atau ditolak oleh Admin Kab/Kota); atau tidak menampilkan hasil sama-sekali (berarti email tersebut tidak terdaftar atau proses pendaftaran yang dilakukan gagal).
  4. Apabila statusnya "Tidak/Belum Aktif/Ditolak" silakan hubungi Admin Emis Kab/Kota untuk menanyakan alasan penolakan dan segera lakukan perbaikan (daftar ulang).


Langkah selanjutnya adalah periksa bahwa NSM di Emis SDM Benar sebab Dalam beberapa kasus ketika masuk ke web emis online gagal login dan muncul keterangan NSM tidak ditemukan atau muncuk keterangan 'data login tidak valid'.

Jika terjadi hal semacam ini, coba untuk :

  • Masuk terlebih dahulu ke situs Emis SDM di alamat emispendis.kemenag.go.id/emis_sdm
  • Lihat pada bagian Dashboard Hak Akses Operator Emis
  • Pada kolom Identitas, pastikan yang tertulis adalah NSM lembaga yang bersangkutan.
  • Klik Simpan/Save. 
  • Jika sudah, silakan coba lagi untuk login ke situs Emis Madrasah.


Kemudian Data-data Operator Sudah Terisi Sama seperti pada kasus ketiga, silakan buka situs Emis SDM. Pastikan semua field (kolom) yang tersedia sudah terisi dengan benar. Jika sudah, klik tombol Simpan di pojok kanan bawah. Dalam kesempatan ini juga saya infokan bahwa Khusus untuk operator lembaga RA, sampai dengan tulisan ini diterbitkan, belum dapat mengakses Emis Madrasah. Dengan kata lain, aksesnya memang belum dibuka dari pusat. 

Jika semua langkah sudah dilakukan namun belum juga bias login maka Bersihkan Cache Browser yang Digunakan dengan caranya sebagai berikut:

  • Klik menu kontrol (gambar tiga garis bersusun) di pojok kanan atau klik 'Alat Lainnya'
  • Klik 'Hapus data penjelajahan'
  • Muncul kotak dialog 'Hapus data penjelajahan'
  • Centang pada jenis informasi (terutama 4 jenis teratas)
  • Klik 'Hapus data penjelajahan'
  • Jika perlu, restat (tutup lalu buka lagi) browser Anda

Sedangkan pada browser firefox, lakukan:

  1. Klik menu kontrol (gambar tiga garis bersusun) di pojok kanan atas
  2. Terbuka tab pengaturan firefox, klik 'Advanced' atau 'Canggih'
  3. Klik 'Network' atau 'Jaringan'
  4. Pada bagian 'Cached Web Conten' atau 'Konten Web Tembolok' klik 'Clear Now' atau 'Bersihkan Sekarang'
  5. Kemudian restat

Uraian diatas merupakan gambaran beberapa prosesi login sukses bagi operator emis madrasah yang masih tidak bisa login ke layanan EMIS ONLINE.

Post a Comment

0 Comments