Refleksi Program Pembelajaran Disabilitas SPPI Pendidikan Inklusif

Guru, tenaga kependidikan, Kepala Sekolah dan Pengawas satuan pendidikan di Seri Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif (SPPI) sangat penting untuk memiliki pengetahuan dan pemahaman yang komprehensif guna bisa melayani dan membimbing peserta didik penyandang disabilitas pada satuan pendidikan inklusif.

Salah satu upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman guru tentang Desain Universal untuk Pembelajaran (Universal Design for Learning/UDL). 

Kira kira menurut bapak ibu hal apa saja yang perlu dipertimbangkan jika kita ingin mengimplementasikan konsep desain universal Learning/UDL untuk pembelajaran inklusif..?

Tidak hanya itu dalam dunia pendidikan kita sadar bahwa sebelum melakukan proses pembelajaran baik reguler maupun bagi penyandang disabilitas sangat penting untuk kita mengetahui Profil Belajar Siswa (PBS) karena PBS memiliki informasi, pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan dalam mengidentifikasi peserta didik, menyusun dan mengisi instrumen, dan menganalisis hasil pbelajaran. 

Guna memantapkan pemahaman terkait PBS maka perlu kita berbagi pemahaman terkait PBS apakah instrumen PBS yang biasa digunakan untuk dapat membantu kita dalam menentukan jenis kesulitan fungsional peserta didik sehingga dapat memberikan layanan yang tepat sesuai dengan kebutuhan peserta didik disabilitas di kelas/di sekolah kita?

Refleksi Program Pembelajaran Disabilitas SPPI Pendidikan Inklusif


Untuk lebih dalam dalam pemahaman setting pembelahajaran insklusif mempelajari tujuan belajar, kompetensi dasar, dan indikator pencapaian kompetensi angat penting sebagai berkomitmen pencapaian tujuan dalam menjalankan setiap aktivitas pembelajaran inklusif 

Dengan demikian maka, agar kita mampu melakukan adaptasi kurikulum berupa modifikasi tujuan, isi/materi, proses (pendekatan, metode, model dan media pembelajaran), penilaian (materi, waktu, dan cara) serta menyusun RPP akomodatif sesuai dengan karakteristik/keberagaman peserta didik dengan menggunakan kerangka UDL dan pemanfaatan PBS.

Mengapa modifikasi Kurikulum, isi materi RPP, Penilaian, Alokasi waktu pembelajaran itu dikatakan penting untuk dilakukan pada pendidikan inklusif.?

Refleksi by Atharuddin, S.Sos seri PPSI Guru Belajar dan Berbagi

Post a Comment

0 Comments