Program Kokurikuler Sekolah Dasar

Program Kokurikuler Jenjang Sekolah Dasar tahun pelajaran 2018/2019, Pemberlakuan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah menuntut pelaksanaaan otonomi daerah dan wawasan demokrasi dalam penyelenggaraan pendidikan.Pengelolaan pendidikan yang semula bersifat sentralistik berubah menjadi desentralistik. Desentralisasi pengelolaan pendidikan dengan diberikannya wewenang kepada satuan pendidikan untuk menyusun kurikulumnya mengacu pada Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidkan Nasional,yaitu pasal 3 tentang fungsi dan tujuan pendidikan nasional dan pasal 35,mengenai standar nasional pendidikan. 

Desentralisasi pengelolaan pendidikan yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dan kondisi daerah perlu segera dilaksanakan.Bentuk nyata dari desentralisasi pengelolaan pendidikan ini adalah diberikannya kewenangan kepada satuan pendidikan untuk mengambil keputusan berkenan dengan pengelolaan pendidikan,seperti dalam pengelolaan kurikulum,baik dalam penyusunannya maupun pelaksanaannya di satuan pendidikan. Sebagaimana ketentuan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Pendidikan Nasional,Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2013 mengacu pada standar nasional pendidikan:standar isi,proses,kompetensi lulusan, tenaga kependidikan,sarana dan prasarana,pengelolaan, pembiayaan dan penilaian pendidikan.Dua dari kedelapan standar nasional pendidikan tersebut,yaitu Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) merupakan acuan utama bagi satuan pendidikan dalam mengembangkan kurikulum.

Pengembangan Kurikulum SD Negeri 4 Aikmel ini dimaksudkan antara lain sebagai pedoman dalam melaksanakan proses pembelajaran. Dalam kegiatan pembelajaran peserta didik diberi kesempatan untuk : (a) belajar untuk beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, (b) belajar untuk memahami dan menghayati, (c) belajar untuk mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif, (d) belajar untuk hidup bersama dan berguna untuk orang lain, (e) belajar untuk membangun dan menemukan jati diri melalui Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM).
Kami menyampaikan penghargaan dan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada pengawas, guru, dan Stakeholders, berkat bantuan dan kerja sama yang baik sehingga  Program Kokurikuler SD Negeri 4 Aikmel ini dapat diselesaikan.
Program Kokurikuler Sekolah Dasar

Program Kokurikuler SDN 4 Aikmel Tahun Pelajaran 2018/2019
Azas-azas dan tujuan kegiatan kokurikuler
1. Azas-azas pelaksanaan kokurikuler
Karena  kegiatan  kokurikuler  tidak lain  bermaksud agar siswa lebih  memahami dan  menghayati  bahan materi yang  telah dipelajari  pada kegiatan  intrakurikuler, maka dalam pelaksanaannya harus  memperhatikan  azas-azas kokurikuler  yang  telah digariskan oleh Depdiknas RI yaitu :
  • Harus  menunjang langsung pada  kegiatan intrakurikuler dan kepentingan  belajar siswa.
  • Tidak  merupakan beban  yang  berlebihan bagi siswa.
  • Tidak   menimbulkan   beban   pembiayaan tambahan  yang berat  bagi  orang   tua siswa
  • Memerlukan  pengadministrasian,   peman­tauan (monitoring) dan penilaian.

Pelaksanaan  kokurikuler   hendaknya tidak merupakan beban yang berlebihan bagi siswa, artinya seseorang dalam  memberikan tugas  hendaklah  diatur sedemikian  rupa sehingga   tidak  melibatkan  beban   yang berlebihan  baik  material  maupun   beban mental. Karena hal tersebut  mengakibatkan gangguan  psikologis yang dapat merugikan siswa  antara  lain  murung  dan  gelisah. Kegiatan kokurikuler ini harus  dirasakan oleh siswa sebagai hal yang bermanfaat dan menyenangkan.
Adapun pelaksanaan kokurikuler harus memerlukan  administrasi,  monitoring  dan penilaian  adalah dalam  pemberian  tugas seorang  guru  hendaknya  disertai dengan pegadministrasian yang baik. yang  dilakukan dalam bentuk pemberian pemberian tugas yang   jelas,  pencatatan yang   teratur, monitoring  dan bimbingan yang baik  serta penilaian yang tertib. Hal tersebut dimak­sudkan  untuk meningkatkan  kegiatan  dan hasil pelaksanaan kurikuler.
 2. Tujuan kokurikuler
Menurut  Burhan Nurgiantoro  "tujuan kokurikuler adalah  untuk menunjang  program intrakurikuler dan menghayati  materi pengajaran  yang  telah  dipelajari   pada kegiatan intrakurikuler.
Sedangkan menurut Winarno  Hamiseno, kegiatan kokurikuler bertujuan  menunjang pelaksanaan  program intrakurikuler  agar siswa  dapat lebih menghayati  bahan  yang telah  dipelajarinya serta  melatih  siswa utuk melak sanakan tugas secara bertangung jawab.
Berdasarkan  dua  pendapat  tersebut dapatlah  penulis simpulkan  bahwa  tujuan kokurikuler adalah sebagai berikut:
  • Menunjang  pelaksanaan  kegiatan   intra kurikuler.
  • Untuk  mendalami  dan  menghayati  jenis bahasan yang diajarkan.
  • Melatih  siswa untuk melaksanakan  tugas secara bertangung jawab.

Adapun  bentuk pelaksanaan  kegiatan kokurikuler antara lain dapat   berupa pemberian  tugas  pekerjaan  rumah secara kelompok atau perorangan.
Untuk lebih jelasnya akan  diuraikan sebagai berikut:
  • Pemberian tugas secara Kelompok, Pemberian tugas secara  kelompok diarahkan  untuk mengembangkan   sikap gotong  royong harga menghargai, teng­gang  rasa, kerja sama,  yang  akhirnya dapat membentuk siswa menjadi  anggota masyarakat yang baik.
  • Pemberian tugas perorangan, Diarahkan  pada pengembangan akal,  minat serta  kemampuan siswa agar dapat  mandiri.

JENIS-JENIS KEGIATAN KOKURIKULER SD NEGERI 4 AIKMEL
Kegiatan kokurikuler adalah kegiatan yang sangat erat  dan menunjang serta membantu kegiatan intrakurikuler. Kegiatan-kegiatan kokurikuler ini dilaksanakan di luar jadwal intrakurikuler dengan maksud agar siswa lebih memahami dan memperdalam pembelajaran yang ada dalam program intrakurikuler. Adapun Jenis-jenis  Kegiatan kokurikuler  pada  masing-masing mata pelajaran di SD Negeri 4 Aikmel adalah sebagai  berikut: 
1. Pendidikan Agama Islam

  • Membuat ihtisar suatu materi pelajaran
  • Membuat kliping
  • Memajang Hasil Karya di Pajangan Kelas
  • Mengisi  lembar tugas tentang  isi  ceramah lewat mimbar khutbah jum’at
  • Mengisi lembar tugas tentang kegiatan bulan Ramadhan
  • Menyelesaikan soal-soal pekerjaan rumah
  • Menyalin ayat atau surat pilihan.
  • Kegiatan Solat berjamaah
  • Tugas-tugas  lain yang dapat  membangkitkan gairah siswa agar memiliki sifat bertanggung jawab.

2. Pendidikan Kewarganegaraan

  • Tugas wawancara dengan narasumber
  • Melakukan tugas tugas pembiasaan
  • Membuat kliping
  • Memajang Hasil Karya di Pajangan Kelas
  • Menyelesaikan soal-soal pekerjaan rumah dan tugas-tugas kelompok
  • Tugas-tugas  lain yang dapat  membangkitkan gairah siswa agar memiliki sifat  bertanggung jawab.

3. Pendidikan Bahasa Indonesia

  • Kegiatan literasi (15 menit sebelum belajar) dalam rangka pembiasaan gemar membaca
  • Tugas wawancara dengan narasumber
  • Melakukan tugas tugas pembiasaan Berbahasa Indonesia di lingkungan sekolah
  • Membuat kliping
  • Memajang Hasil Karya di Pajangan Kelas
  • Memajang Hasil Karya di Majalah Dinding
  • Menyelesaikan soal-soal pekerjaan rumah dan tugas-tugas kelompok
  • Tugas-tugas  lain yang dapat  membangkitkan gairah siswa agar memiliki sifat  bertanggung jawab.

4. Matematika

  • Latihan-latihan soal
  • Menyelesaikan soal-soal pekerjaan rumah dan tugas-tugas kelompok
  • Memajang Hasil Karya di Pajangan Kelas

5. Ilmu Pengetahuan Alam

  • Kegiatan literasi
  • Membuat ihtisar suatu materi pelajaran
  • Membuat kliping
  • Memajang Hasil Karya di Pajangan Kelas/Majalah dinding
  • Mengisi  lembar-lembar pengamatan
  • Menyelesaikan soal-soal pekerjaan rumah
  • Menyelesaikan tugas-tugas kelompok
  • Tugas-tugas  lain yang dapat  membangkitkan gairah siswa agar memiliki sifat  bertanggung jawab.

6. Ilmu Pengetahuan Sosial

  • Kegiatan literasi 
  • Membuat ihtisar suatu materi pelajaran
  • Membuat kliping
  • Memajang Hasil Karya di Pajangan Kelas/Majalah dinding
  • Mengisi  lembar-lembar pengamatan
  • Menyelesaikan soal-soal pekerjaan rumah
  • Menyelesaikan tugas-tugas kelompok
  • Tugas-tugas  lain yang dapat  membangkitkan gairah siswa agar memiliki sifat  bertanggung jawab.

7. Seni Budaya dan Keterampilan

  • Kegiatan literasi 
  • Pengamatan hasil karya seni orang lain
  • Membuat karya sederhana
  • Pementasan/Pameran Seni
  • Memajang Hasil Karya di Pajangan Kelas/Majalah dinding
  • Mengisi  lembar-lembar pengamatan
  • Menyelesaikan soal-soal pekerjaan rumah
  • Menyelesaikan tugas-tugas kelompok
  • Tugas-tugas  lain yang dapat  membangkitkan gairah siswa agar memiliki sifat  bertanggung jawab.

8. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan

  • Kegiatan P3K dan Dokter Cilik
  • Kegiatan lomba dan pertandingan dalam kejuaraan
  • Memajang Hasil Karya di Pajangan Kelas/Majalah dinding
  • Mengisi  lembar-lembar pengamatan
  • Menyelesaikan soal-soal pekerjaan rumah
  • Menyelesaikan tugas-tugas kelompok
  • Tugas-tugas  lain yang dapat  membangkitkan gairah siswa agar memiliki sifat  bertanggung jawab.

9. Muatan Lokal

  • Kegiatan literasi 
  • Pengamatan hasil karya seni orang lain
  • Membuat karya sederhana
  • Pementasan/Pameran hasil karya
  • Memajang Hasil Karya di Pajangan Kelas/Majalah dinding
  • Mengisi  lembar-lembar pengamatan
  • Menyelesaikan soal-soal pekerjaan rumah
  • Menyelesaikan tugas-tugas kelompok
  • Tugas-tugas  lain yang dapat  membangkitkan gairah siswa agar memiliki sifat  bertanggung jawab.
Untuk mendapatkan filenya silahkan unduh disini Program KOKURIKULER Sekolah Dasar

Post a Comment

1 Comments

Bagai mana menurut anda informasi yang disajikan oleh penulis kepada anda ?