Jadwal Pembelajaran Dapodik 2019

Cara mengisi jadwal pembelajaran dapodik 2019 agar tidak berbenturan satu sama lainnya. Pengisian jadwal memiliki keterkaitan dengan isian pada menu prasarana, rombongan belajar dan pembelajaran. Sehingga pengisian menu jadwal sangat bergantung dari isian yang sudah diinputkan dari ketiga menu tersebut.  Pengisian prasarana digunakan untuk memetakan bangunan yang dijadikan ruang kelas, pada pengisian rombongan belajar digunakan untuk memetakan rombongan belajar dengan memilih jenis prasarananya, pada pengisian pembelajaran digunakan untuk memetakan mata pelajaran dan guru mata pelajaran yang diinputkan di masing-masing rombongan belajar. 

Aplikasi Dapodik versi 2019 memiliki hubungan erat bagi setiap entitas data di sekolah. Sehingga diharapkan  petugas  pendataan  sekolah dapat memetakan semua kondisi di sekolah dengan baik dan benar.  Untuk mengisi jadwal, pertama klik menu Jadwal yang terdapat pada sidebar di sebelah kiri aplikasi.
Jadwal Pembelajaran Dapodik 2019

Selanjutnya, pilih prasarana yang akan diinput detail jadwalnya. Prasarana yang ditampilkan hanya yang  sudah diinputkan pada menu Sarpras. Setiap prasarana yang terpilih nantinya akan memunculkan data rombongan belajar yang menggunakan prasarana tersebut.  

Untuk pengisian jadwal terdapat tujuh hari (Senin s.d. Minggu) yang nantinya pilihan hari tersebut dipilih dan akan muncul beberapa data mata pelajaran disertai data guru dan alokasi jumlah jam perminggunya. Sehingga, sebelum pengisian pada menu jadwal, pastikan pembelajaran pada tabel rombongan belajar telah terisi dengan benar berikut data prasarananya.  Pada tampilan menu jadwal  di bagian  atas terdapat menu untuk memilih prasarana yang akan diisi jadwalnya. Pilih prasarana ruang kelas yang akan diisi datanya kemudian pilih jadwal hari lalu klik tambah.  
Jadwal Pembelajaran Kelas Dapodik 2019

Akan muncul beberapa kolom dengan beberapa keterangan  seperti pada gambar berikut ini
Jadwal Pembelajaran Pada Prasarana Dapodik 2019

Pembelajaran, Menampilkan mata pelajaran yang akan diinput kedalam jadwal. Mata pelajaran yang ditampilkan diambil dari isian pembelajaran pada tabulasi rombongan belajar. Alokasi Jam, Penempatan urutan waktu sesuai dengan alokasi jumlah jam mengajar pada pembelajaran.  Pembelajaran ke - Penempatan urutan waktu mata pelajaran sesuai dengan alokasi jadwal di sekolah setiap harinya. Pilih pembelajaran yang akan dimasukkan, data mata pelajaran yang tampil diambil dari isian pembelajaran pada pada salah satu rombongan belajar yang menggunakan prasarana tersebut.

Pada isi kolom alokasi jam dan pembelajaran ke-. Untuk alokasi jam diambil dari menu JJM Pembelajaran pada salah satu rombongan belajar dan untuk dimulai jam ke didasarkan pada urutan mata pelajaran berdasarkan jadwal di sekolah pada hari yang sudah terpilih. Adapun isian pembelajaran salah satu rombongan belajar yang mengalokasikan jumlah jam perminggu untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia sebanyak 4 jam. 

Pengisian  alokasi jam djumlah jam mata pelajaran per minggu yang dapat dibagi menjadi beberapa jam di hari yang berbeda.  Contoh : jika dalam tabel pembelajaran di kelas 10A mata pelajaran Bahasa Indonesia diisi sebanyak 4  jam selama satu minggu dalam satu rombongan belajar, maka pada pengisian jadwal ini dapat dibagi menjadi 2 hari  (Senin dan Selasa) dengan masing-masing 2 jam alokasi. Maka pemecahannya: Mata pelajaran Bahasa Indonesia kita tempatkan di hari senin sebanyak 2 jam pada urutan jadwal di isian “Pembelajaran ke-“ 1 

Dari alokasi jumlah jam per minggu sebanyak 4 jam dan 2 jam sudah dipetakan ke dalam jadwal,  maka sisa jam untuk mata pelajaran tersebut adalah 2 jam. Dengan sisa jam yang ada, mata pelajaran  Bahasa Indonesia  dapat ditempatkan di hari selasa sebanyak 2 jam pada urutan jadwal, Pembelajaran ke-3
Baca Juga :Cara Mengisi JJM Normal Dapodik 2019

Khusus untuk Pengisian Jadwal untuk Mata Pelajaran Pendidikan Agama . Apabila dalam satu rombongan belajar terdapat lebih dari satu mata pelajaran Pendidikan Agama, isi jumlah jam mengajar untuk mata pelajaran Pendidikan Agama mayoritas di dalam rombel tersebut sebanyak ketentuan alokasi jam sesuai kurikulum dan untuk mata pelajaran Pendidikan Agama minoritas di rombel tersebut diisi 0 jam. Sebagai contoh, misal  mata pelajaran Pendidikan Agama Islam  sebagai agama mayoritas di rombel tersebut, maka pada tabel pembelajaran di rombel diisi: 

  1. Jumlah jam Pendidikan Agama Islam sebanyak 2 jam 
  2. Jumlah jam Pendidikan Agama lainnya sebanyak 0 jam

Post a Comment

0 Comments