Tilawatil Qur’an (STQ) Kab. Lombok Timur ke-XXV Tahun 2018

Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Tingkat Kabupaten Lombok Timur yang ke-XXV tahun ini siap digelar pada tanggal, 16 s/d 22 April tahun 2018 atau bertepatan dengan tanggal 29 Rajab-5 Sya’ban 1439 H. Pagelaran STQ ke-XXV Tingkat Kabupaten Lombok Timur Provinsi Nusa Tenggara Barat ini akan dipusatkan di Lapangan Umum Kecamatan Aikmel dengan mengangkat tema “Menuju Generasi Qur’ani” dan akan dibuka langsung Penjabat Sementara (PJs) Bupati Lombok Timur, H. Ahsanul Khalik. Dalam kegiatan pembukaan kegiatan STQ dihadiri oleh tamu undangan dan ribuan masyarakat membanjiri lapangan umum Aikmel sebagai bentuk partisipasi menyambut kegiatan STQ ke –XXV.
Seleksi Tilawatil Qur’an Tahun 2018
Sebelum kegiatan STQ dibuka secara resmi pada malam harinya, STQ XXV, sebagai bentuk pra acara menyambut kegiatan STQ diawali dengan kegiatan pawai ta’aruf pada sore hari dengan rute Lapangan Umum Lenek Kec. Lenek menuju Lapangan Umum Aikmel yang diikuti kafilah STQ dari seluruh kecamatan se-Kabupaten Lombok Timur dan peserta lainnya yang merupakan pelajar dari tingkat SMP dan SMA sederajat serta stkeholder lingkup Kecamatan Aikmel dan disambut oleh Peserta Dididk, Dewan Guru dan Masyarakat Kecamatan Aikmel.

Kegiatan Seleksi Tilawatil Qur’an ini untuk menentukan juara dalam gelaran STQ ini akan dimulai pada Selasa (17/4) dengan 5 kecamatan, yakni Kecamatan Keruak, Jerowaru, Sambelia, Sembalun dan Kecamatan Sakra Barat dengan peserta berjumlah 67 orang. Disusul pada hari berikutnya dengan 5 Kecamatan lagi, yakni Kecamatan Masbagik, Labuhan Haji, Pringgasela, Kec. Sakra, dan Kecamatan Sakra Timur dengan 58 peserta. Pada hari berikutnya lagi akan diikuti Kecamatan Selong, Sikur, Sukamulia, Pringgabaya dan Kecamatan Wanasaba dengan 65 peserta dan berikutnya 5 kecamatan lainnya pada hari berikutnya, yaitu Kecamatan Aikmel, Montong Gading, Suralaga, Suela dan Kecamatan Terara Kabupaten Lombok Timur.
Seleksi Tilawatil Qur’an Tahun 2018
Menurut pantauan penulis selama mengikuti seluruh rangkaian prosesi acara, bahwa lokasi pelaksanaan dibagi dalam 3 lokasi, masing-masing di Lapangan Umum Aikmel dengan pelaksanaan pada pagi dan malam hari, di Masjid Jami’ Al-Mujahidin Aikmel dan di Masjid Besar AT-Taqwa Batu Belek. Untuk di kedua masjid ini, pelaksanaan seleksi dilakukan hanya pada pagi hari. Gekaran ke-XXV STQ tingkat Kabupaten Lombok Timur kali ini diikuti 257 peserta yang akan berkompetisi di 3 cabang lomba, yaitu cabang tilawah Al-Qur’an dengan 3 golongan, cabang tahfiz Al-qur’an dengan 5 golongan dan pada cabang tafsir Al-Qur’an dengan golongan tafsir Bahasa Arab putra dan putrid.

Post a Comment

0 Comments