Program Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Tari SD Negeri 4 Aikmel

Kegiatan ekstrakurikuler merupakan suatu kegiatan non-pelajaran atau kegiatan non-formal yang dilakukan disatuan pendidikan kepada peserta didik sekolah yang umumnya dilaksnakan di luar jam belajar kurikulum standar, yang diharapkan mampu mengembangkan bakan dan minat siswa sesuai dengan kompetensi bidang masing-masing. Setiap sekolah tentunya melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler. Salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan pada satuan pendidikan misalnya pramuka, kegiatan IMTAQ, Kegiatan TIK, Kegiatan Seni Membaca Alrur’an, ekstrakurikuler seni tari, musik, seni lukis, paskibra, peraturan baris-berbaris (PBB), olahraga prestasi dan kegiatan kegiatan lain yang diharapkan mampu menumbuhkembangkan bakat dan kreatifitas peserta didik.
Ekstrakurikuler Seni Tari Tingkat SD
Dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional bahwa pendidikan nasional berfungsi untuk mengembangan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban manusia. Sehubungan dengan hal tersebut, terdapat salah satu mata pelajaran yaitu Seni Budaya dan Keterampilan yang sangat diperlukan karena didalamnya terdapat  penanaman akan nilai edukasi dan estetika yang berakar pada tradisi seni budaya. Salah satu tujuan Seni Budaya dan Keterampilan adalah menggali kemampuan,  bakat dan minat siswa dalam berolah seni dan rasa, baik rasa musikal, peran, gerak maupun rupa. Karena tidak seimbangnya kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa dengan alokasi waktu yang tersedia, maka diperlukan waktu ekstra diluar jam pelajaran sebagai sarana pengembangan dari kemampuan yang harus dimiliki. Dalam rangka pengembangan kemampuan dan menggali potensi siswa dalam mengolah rasa, maka SDN 4 Aikmel perlu mengadakan kegiatan ekstrakurikuler salah satu cabang seni tari.
Ekstrakurikuler Seni Tari Tingkat SD
Tujuan Kegiatan
  1. Memperhalus rasa yang ada pada siswa agar mampu mengapresiasi dan   mengekspresikan nilai-nilai seni yang ada pada diri anak melalui gerak tari
  2. Sebagai pengembangan kegiatan ekstrakurikuler seni tari
  3. Mengenalkan dan menanamkan rasa cinta siswa terhadap seni tari
  4. Sebagai sarana dan wadah untuk menggali ekspresi, potensi bakat dan minat siswa dalam berolah seni
Sasaran Kegiatan
Sasaran kegiatan ektrakurikuler seni tari ini adalah siswa kelas 3 dan 4 SDN 4 Aikmel yang berminat untuk mengembangkan  potensi seni tari yang dimilikinya.
Waktu dan Tempat Kegiatan
  1. Waktu latihan, Kegiatan ekstrakurikuler ini Dilaksanakan setiap hari Rabu pukul (14.00 – 16.00)
  2. Tempat kegiatan, Gedung Serbaguna dan Lapangan SDN 4 Aikmel
Program Kegiatan
Program ini merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang dikembangkan dalam rangka menumbuh kembangkan bakat dan minat peserta didik dalam berbagai kreatifitas guna memotivasi seluruh siswa untuk berkiprah sesuai dengan kemampuan dan kegemaran mereka sehingga tercipta suatu kematangan sejak dini terkait dengan bidang dan kompetensi peserta didik.

2.1   Agenda Kegiatan

       Ekstrakulikuler seni tari tradisional ini bertempat di daerah Aikmel menjadi agenda kegiatan ekstrakulikuler seni tari SDN 4 Aikmel. Tari tradisional di lingkungan daerah Aikmel dipilih karena tari tradisional sebagai syarat akan nilai moral dan sosial. Selalu ada cerita yang berhubungan dengan kearifan lokal disampaikan melalui gerakan-gerakan tubuh. Hal ini juga menjadi sangat penting dalam menanamkan kecintaan siswa terhadap budaya daerahnya. Adapun dalam menari terdapat 3 unsur yang akan dipelajari oleh siswa yaitu wiraga, merupakan dasar keterampilan gerak dari bagian fisik tubuh penari, diantaranya gerakan jari-jari tangan, pergelangan tangan, siku-siku tangan, bahu, leher, muka dan kepala, lutut, mulut, jari-jari kaki, dada, perut, pinggul, mata, alis dan pergelangan kaki.
  Yang kedua yaitu wirama, yaitu suatu pola pengaturan dinamika untuk mencapai gerakan yang harmonis seperti tempo tarian. Yang ketiga yaitu wirasa, merupakan tingkatan penjiwaan dan penghayatan dalam tarian yang diekspresikan melalui gerakan, mimik wajah penari sehingga melahirkan keindahan, seperti halus, lembut, sedih, gembira, dan lain-lain.

Adapun program latihan seni tari yang akan diberikan yaitu:
1. Teknik dasar menari ( pengenalan wiraga, wirama, dan wirasa )
2. Gerakan dasar tangan
3. Gerakan dasar kaki
4. Kombinasi gerak dasar tangan dan kaki
5. Gerakan lanjutan kreasi ( membentuk suatu tari kreasi daerah )
6. Penghalusan gerakan tari baik wiraga, wirama, dan wirasa agar menjadi suatu tarian yang padu

2.2  Pelatih
Pelatih ekstrakurikuler seni tari yaitu guru SDN 4 Aikmel yang menjadi pembimbing ekstrakulikuler tersebut.
Pelatih Kegiatan Ekstrakurikuler
2.3  Target Pencapaian
Target pencapaian yaitu mengisi berbagai pentas dan mengikuti berbagai perlombaan tari yang diadakan antar sekolah dasar.

Penutup 
Demikian gambaran umum mengenai program kerja kegiatan ekstrakurikuler kesenian di SDN 4 Aikmel. Semoga kegiatan ini memberikan manfaat dan kontribusi yang baik untuk para siswa SDN 4 Aikmel Kecmatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur.

Post a Comment

0 Comments