Cara Mengatasi Invalid Jam Wajib Tambahan Pembelajaran Dapodik versi 2018.b

Sahabat pengunjung blog yang berbahagia, dalam kesempatan ini penulis akan mencoba untuk berbagai ilmu dan pengetahuan tentang bagimana cara mengatasi data invalid pada pembelajaran di Dapodik 2018.b. Dapodik versi terbaru yang dirilis tanggal 30 Januari 2018 ini ternyata banyak menyimpan problem utamanya bagi operator sekolah. Namun sesungguhnya penulis beranggapan bahwa problem yang kita hadapi semata-mata sebagai pembelajaran yang sangat berharga untuk kita semua. Nah sahabat operator yang berbahagia. Kali ini penulis sedikit fokus pada kegiatan pembelajaran karena disini operator banyak mengeluhkan kaitannya dengan data yang INVALID PADA PEMBELAJARAN.  

Redaksi Invalid  yang biasa muncul dalam notifikasi aplikasi Dapodikdasmen 2018.b yaitu
  • Matpel Guru Kelas SD/MI/SLB rombel kelas IV/C diajar oleh ATHARUDDIN minimal harus 24 jam
  • Guru Kelas SD/MI/SLB  Terdapat mata pelajaran yang diajarkan oleh guru an. ATHARUDDIN rombel kelas IV/C yang diajarkan tidak sesuai dengan struktur kurikulum yang berlaku. (Pembelajaran: Matpel Wajib (tambahan jam) Struktur Kurikulum: Matpel wajib.
Invalid Pembelajaran
Invalid Pada Rombel Pembelajaran
Sebelum kita lanjut bagaimana cara mengatasi invalid pada rombel pembelajaran mari kita simak dulu struktur kurikulum satuan pendidikan. misalnya KTSP jenjang SD. Harap perhatikan gambar struktur kurikulum KTSP jenjang SD/MI berdasarkan standar isi dibawah ini
Kurikulum SD/MI Berdasarkan standar isi
Kurikulum SD/MI Berdasarkan standar Isi
Jika sudah dikembangkan oleh sekolah maka posisi jumlah jam akan berubah sesuai dengan ketentuan jumlah jam kurikulum berdasarkan pengembangan yaitu :
  • Kelas 1 = 30 Jam
  • Kelas 2 = 31 Jam
  • Kelas 3 = 32 Jam
  • Kelas 4 = 36 Jam
  • Kelas 5 = 36 Jam
  • Kelas 6 = 36 Jam
Nah. Simak proses pengentrian jumlah jam agar tidak invalid pada pembelajaran. Ketika bapak ibu saudara mengisi Jam Wajib tambahan dan jam tambahan. Salah satu penyebab invalid pada pembalajaran adalah disebabkan oleh ada beberapa mata pelajaran yang dobel dientry,  misal guru Guru Kelas SD/MI/SLB. Perhatikan gambar dibawah ini:
Double JJM Guru Kelas SD/MI/SLB
Double JJM Guru Kelas SD/MI/SLB
Gambar diatas merupakan salah satu penyebab invalid pada pembelajaran. Lalu,  bagaimana cara untuk mengatasi agar pembelajaran yang kita isi,  menjadi valid. Caranya adalah silahkan ubah pola pengisian JJM yaitu sesuai struktur kurikulum yang berlaku Contohnya
  • Isi nama PTK, Nomor SK Pembagian Tugas, Tanggal SK dan Jam mengajar sesuai dengan kurikulum yang ada dan yang tersedia pada aplikasi, misalnya guru pendidikan agama islam pada sk pembagian tugas misalnya 4  jam, lalu di aplikasi 3 jam. caranya mengisinya adalah penuhi dulu kuwota jam wajib guru mapel maupun guru kelas. Untuk Guru kelas jam wajib minimal 24 jam dan maksimal 28 jam
  • Isi sesuai yang tertera pada aplikasi misalnya (guru pendidikan agama islam 3 jam, guru kelas 24 jam dan guru PJOK 4 jam jumlah = 31 Jam (artinya ini masih kurang 5 jam lagi sesuai struktur kurikulum berdasarakan pengembangan).  Nah,  untuk mencukupi 36 jam pembelajan maka bapak ibu saudara tinggal mengisi jam wajib tambahan pada menu tambah jam pembelajaran. Caranya adalah klik menu tambah pilih jam wajib tambahan maksimal 4 jam, lalu pilih salah satu mata pelajaran yang sesuai dengan struktur kurikulum berdasarkan standar isi misalnya Seni Budaya dan Keterampilan cek standar isi disana terera 4 jam, maka langsung kita isi 4 jam untuk guru kelasnya. dengan dengan demikian maka batas maksimal jam guru kelas sudah terpenuhi 28 jam dengan demikian kita tidak boleh lagi menambah jam wajib bagi guru kelas sebab kuwota jam maksimal untuk guru kelas sudah terpenuhi. 
Jam Wajib Tambahan Max 4 Jam
Jam Wajib Tambahan Max 4 Jam
Kemudian klik simpan dan tutup. Lihat kolom paling bawah jam yang sudah terisi berjumlah 35 jam artinya kita tinggal mengisi 1 jam lagi sesuai kwota jam tambahan. Kemudian perhatikan SK Pembagian Tugas biasanya Pendidikan Agama Islam untuk kelas atas berjumlah 4 Jam, dengan demikian karena jam Pendidikan Agama Islam telah diisi 3 jam diatas maka kita tinggal memasukkan 1 jam lagi untuk Guru Pendidikan Agama Islam sehingga jumlah jamnya menjadi 4 jam maka dengan demikian jumlah jam keseluruhan menjadi 36 Jam (sesuai dengan struktur kurikulum berdasarkan pengembangan). Lihat Gambar dibawah ini
JumlahJam Belajar Sesuai Struktur Kurikulum Berdsarkan Pengembangan
Jumlah Jam Belajar Sesuai Struktur Kurikulum Berdsarkan Pengembangan
Silahkan refresh dengan menekan F5 pada laptop atau komputer anda, lalu cek menu validasi jam pembelajaran. Insya allah jam menjadi valid. Demikian sedikit penulis bercerita tentang cara mengisi Jumlah jam mengajar pada Dapodik versi 2018.b. Jika anda sudah berhasil dan data anda valid kiranya dapat memberikan komentar di blog ini dan jika ada kekeliruan dalam penulisan artikel mengenai cara mengatasi invalid pada rombel pembelajaran ini maka, mohon kiranya agar ditegur, dan kita diskusikan bersama, Karena kita sebagai manusia biasa tentu tidak luput dari kehilapan. Untuk itu penulis menyampaikan ucapan mohon maaf kepada pengunjung blog jika ada hal hal yang keliru. Semoga bermanfaat dan sekali lagi disampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh pengunjung yang telah berkenan memanfaatkan apa yang penulis tulis dalam blog ini. Terima Kasih.

Baca juga artikel terkait dengan pengisian JJM Dapodik 2018 DI SINI

Post a Comment

0 Comments