PMP Tanggungjawab Setiap Komponen Satuan Pendidikan

Penjaminan mutu pendidikan ini merupakan tanggung jawab dari setiap komponen di satuan pendidikan. PMP pada satuan pendidikan tidak dapat berjalan dengan baik tanpa adanya budaya mutu pada seluruh komponen satuan pendidikan. Untuk itu, dalam sisa sisa terakhir sinkronisasi data diharapkan pelaksanaan sistem penjaminan mutu pendidikan pada satuan pendidikan dilakukan dengan pendekatan pelibatan seluruh komponen seluruh kompenen agar komponen satuan pendidikan bersama-sama memiliki budaya mutu.

Sistem penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah dikembangkan agar penjaminan mutu dapat berjalan dengan baik pada segala lapisan pengelolaan pendidikan dasar dan menengah. Sistem penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah terdiri dari dua komponen yaitu Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME). 

Sistem Penjaminan Mutu Eksternal merupakan sistem penjaminan mutu yang dilaksanakan oleh pemerintah, pemerintah daerah, lembaga akreditasi dan lembaga standardisasi pendidikan. Sedangkan SPMI yaitu suatu sistem penjaminan mutu yang berjalan di dalam satuan pendidikan dan dijalankan oleh seluruh komponen dalam satuan pendidikan. Dengan demikian satuan pendidikan dalam menyukseskan Program PMP, mencakup seluruh aspek penyelenggaraan pendidikan dengan memanfaatkan berbagai sumberdaya untuk mencapai SNP (Standar Nasional Pendidikan). 

Adapun tujuan program Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP) yaitu "untuk memastikan bahwa keseluruhan unsur yang meliputi organisasi, kebijakan, dan proses yang terkait pada satuan pendidikan dapat berjalan sesuai dengan standar yang ditetapkan untuk menjamin terwujudnya budaya mutu di satuan pendidikan" (Juknis PMP 2017:Hal 5).

Dengan berpijak pada uraian diatas maka kepada seluruh komponen yang bekerja disatukan pendidikan untuk ikut berperan  aktif menyukseskan penyelenggaraan program penjaminan mutu pendidikan dan senantiasa melakukan pengecekan terhadap progres pengiriman data dengan harapan agar seluruh satuan pendidikan 100% telah melakukan proses pengiriman data mutu. 

Post a Comment

1 Comments

  1. ada contoh kurikulum terbaru untuk kurikulum 2013 guru, mita dong...kita akan sesuaikan nanti sebagai referensi saja...

    ReplyDelete

Bagai mana menurut anda informasi yang disajikan oleh penulis kepada anda ?