Pemberdayaan Masyarakat Melalui Sistem Belajar

Pemberdayaan masyarakat sebagai salah satu upaya pembangunan sumbernya manusia melalui sistem belajar. Potensi yang dimiliki merupakan bagaikan konstruksi bangunan tempat berkumpulnya masyarakat untuk membuat kondisi yang lebih baik untuk kedepannya.

Masyarakat yang terdidik dan berbudaya merupakan cerminan sebuah pandangan bahwa manusia sebagai insan yang terdidik harus memiliki budaya yang kuat dan mempertahankan budaya tersebut dengan penuh harmoni sebagai satu kesatuan yang utuh tidak bercerai-berai. 

Sebuah daya tarik tersendiri bagi warga masyarakat apabila seluruh warga dapat dimanfaatkan secara maksimal, penghormatan dan sikap riang terhadap warga merupakan bagian dari tindakan memberdayakan masyarakat melalui belajar untuk kemajuan warga. Belajar adalah kunci sukses wujudkan impian dan harapan. Tanpa belajar warga tidak akan dapat melakukan suatu tindakan yang terukur untuk wujudkan sebuah harapan. 

Dalam kehidupan bermasyarakat perubahan sosial terus terjadi yang menimbulkan berbagai pergeseran nilai budaya masyarakat, pergeseran ini sesungguhnya bagian dari pangaruh dampak sosial, teknologi, pengaruh pertumbuhan ekonomi dan Pendidikan ikut memengaruhi kondisi tersebut sehingga tingkat kesadaran dalam bermasyarakat semakin kurang.
Pemberdayaan Masyarakat Melalui Sistem Belajar
Sistem Belajar

Lalu bagai mana upaya dalam memberdayakan masyarakat tentu kita harus banyak belajar terutama terkait dengan pengembangan potensi diri dan potensi yang dimiliki oleh masyarakat, dengan melakukan berbagai pendekatan salah satunya adalah pendekatan agama, menghargai pendapat serta saran orang lain, dan memberdayakan seluruh potensi yang ada untuk dimanfaatkan sebagai wahana dalam mewujudkan masyarakat yang sejahtera dalam kedamaian.

Sejalan dengan perkembangan zaman saat ini pentingnya pemberdayaan masyarakat sebagai bagian dari upaya membangun situasi dan kondisi masyarakat dan atau bangsa yang kuat dan menjadikan mereka sebagai insan yang terdidik dan berbudaya. Sebagai bagian dari strategi pembangunan partisifatif dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat. 

Post a Comment

0 Comments