Dapodik Versi 2018.a terbaru saat ini

Sahabat operator semuanya yang berbahagia, hari demi hari terus terjadi perubahan untuk penyempurnaan aplikasi Dapodik dan mengakomodir dinamika perubahan struktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 2013 versi Revisi dan SPEKTRUM 2016, dengan demikian maka dipandang perlu melakukan pemutakhirkan aplikasi dapodik 2018 hingga terbit menjadi aplikasi Dapodik versi 2018.a.
Dapodik versi 2018a
Point penting yang sahabat perlu perhatikan bahwa proses updater. Untuk itu kepada segenap Bapak/Ibu Kepala Sekolah khususnya jenjang SMK untuk segera melakukan upgrade ke Aplikasi Dapodikdasmen versi 2018.a dan melakukan pemutakhiran data Tahun Ajaran 2017/2018. Perubahan penting dalam aplikasi dan tindaklanjutnya antara lain :
  • Pemutakhiran versi DAPODIK 2018.a Dikemas dalam bentuk installer atau updater/patch sehingga sekolah dapat memilih sesuai kebutuhan
  • Perubahan versi 2018.a ditujukan bagi semua satuan pendidikan dimana meliputi aspek keamanan, kelengkapan referensi Kurikulum SMK 2013 Revisi, perbaikan bugs dan penambahan rule validasi. Lebih lengkap pelajari log perubahan 2018.a
  • Dinas Provinsi dan Kab/kota melakukan monitoring terkait sekolah-sekolah yang belum memutakhirkan data Dapodik nya periode tahun 2017 semester 1 sekaligus melakukan teguran dan upaya pembinaan bagi yang belum update. 
  • Bagi sekolah yang sudah tutup, merger, berhenti beroperasi, Dinas Prov/Kab/kota untuk segera melaporkan ke pusat untuk dilakukan Sehingga mendapatkan angka yang akurat terkait dengan sekolah aktif.
  • LPMP Melakukan optimalisasi validasi data Dapodik, dalam rangka meningkatkan akurasi, validitas dan mutu data pendidikan yang sudah dikumpulkan. Monitoring data Invalid dapat di akses di http://siduren.dikdasmen.kemdikbud.go.id.
  • Kepala Sekolah wajib melakukan supervisi dan manjerial dalam pendataan dapodik di sekolah masing-masing dan bertanggungjawab penuh akan kebenaran data Dapodik yang dikirimkan. Sebagai bentuk legal formal dokumen PAKTA INTEGRITAS dapat di cetak dibubuhkan tandatangan dan diserahkan ke dinas pendidikan masing-masing.
  • Panduan Pengisian data dapodikdasmen versi 2018.a dapat diunduh pada link situs resmi Dapodikdasmen

Post a Comment

0 Comments