RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :Kelas/semester : 1/1
Tema : Kegemaranku
Subtema : Gemar Bernyanyi dan Menari
Pembelajaran : 1 (satu)
Alokasi Watu : 35 Menit
A. Kompetisi Inti
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk dan sekolah
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
Pendidikan Pancasila dan Kewarga negaraan (PPKn)
Kompetensi Dasar:
3.2 Memahami aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
4.2 Melakukan kegiatan sesuai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah Indikator:
3.2.10 Menggali informasi tentang hal-hal yang harus dilakukan dalam hubungan dengan adik di rumah
4.2.10 Bermain bersama adik di rumah
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar:
3.11 Mengenal puisi anak/syair lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) yang diperdengarkan dengan tujuan untuk kesenangan.
4.11 Melisankan puisi anak atau syair lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) sebagai bentuk ungkapan diri.
Indikator:
3.11.1 Mengidentifikasi ungkapan sayang atau persahabatan dalam sebuah puisi/syair lagu yang diperdengarkan dengan tepat
4.11.1 Mengekspresikan kembali ungkapan sayang atau persahabatan dalam sebuah puisi/syair lagu yang telah didengar dengan tepat
SBDP
Kompetensi Dasar:
3.3 Memahami gerak anggota tubuh melalui tari
4.3 Meragakan gerak anggota tubuh melalui tari
Indikator:
3.3.2 Membedakan gerak cepat dan lambat anggota tubuh dalam suatu gerak tari
4.3.2 Memeragakan gerak cepat dan lambat anggota tubuh dalam suatu gerak tari
C. Tujuan Pembelajaran
1. Dengan membaca syair lagu Andaikan Aku Punya Sayap, siswa dapat mengidentifikasi ungkapan sayang untuk orang tua dengan tepat.
2. Dengan menyanyikan lagu Andaikan Aku Punya Sayap siswa dapat mengekspresikan kembali ungkapan sayang dalam syair lagu Andai Aku Punya Sayap yang telah didengar dengan tepat.
3. Melalui kegiatan diskusi tentang gerakan daun berguguran dan burung terbang, siswa dapat membedakan gerak cepat dan lambat anggota tubuh dalam suatu gerak tari dengan tepat.
4. Dengan menirukan gerakan-gerakan alam, siswa dapat memeragakan gerak cepat dan lambat anggota tubuh dalam suatu gerak tari dengan tepat dan percaya diri.
5. Setelah membaca teks, siswa dapat menggali informasi tentang hal-hal yang harus dilakukan dalam hubungan dengan adik di rumah dengan tepat.
6. Dengan kegiatan bernyanyi bersama adik, siswa dapat bermain bersama adik di rumah dengan sikap yang tepat dan percaya diri.
D. Materi Pembelajaran
- Aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
- Puisi anak/syair lagu
- Gerak anggota tubuh melalui tari
- Diskusi
- Ceramah
- Penugasan
- Demonstrasi
- Tanya jawab
1. Kegiatan Pembuka
- Guru menyapa siswa dan mengondisikan kelas agar siap untuk belajar.
- Seorang siswa diminta untuk memimpin doa.
- Guru mengingatkan siswa tentang pelajaran sebelumnya dan mengaitkan dengan pelajaran yang akan disampaikan.
- Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan kegiatan belajar.
- Guru mengawali pembelajaran dengan menunjukkan gambar halaman depan sub tema 1, guru meminta salah satu siswa membaca teks di halaman depan.
- Guru mengajak siswa untuk menyanyikan lagu Andaikan Aku Punya Sayap Ciptaan Titiek Puspa
- Guru memancing partisipasi aktif siswa dengan pertanyaan : 1) Tahukah kamu lagu tersebut. 2) Lagu tersebut bercerita tentang apa?
- Guru menggugah rasa ingin tahu siswa dan memotivasi untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan lagu yang dinyanyikan.
- Siswa membuat tanda √untuk kalimat yang sesuai dan tanda X untuk kalimat yang tidak sesuai dengan lagu Andaikan Aku Punya Sayap
- Kemudian siswa menyanyikan lagu Andaikan Aku Punya Sayap dengan ekspresi yang tepat.
- Dalam kelompok yang masing-masing terdiri atas 3 orang, siswa berdiskusi tentang bagaimana gerakan daun berguguran dan gerakan burung terbang.
- Guru menyampaikan kepada siswa, setiap siswa dalam kelompok diskusi harus memberikan usulan gerakan-gerakan daun berguguran dan burung terbang.
- Guru mendampingi diskusi siswa.
- Kemudian siswa menentukan gerakan untuk berlatih bersama.
- Pada akhir diskusi, setiap kelompok menunjukkan gerakan yang mereka sepakati dan telah latihan bersama.
- Siswa mengisi tabel gerak cepat/lambat.
- Setelah selesai, guru membahas jawaban-jawaban siswa.
- Siswa menirukan gerakan-gerakan alam yang ada dalam tabel.
- Siswa memeragakan tarian tersebut di depan kelas.
- Siswa membaca cerita di buku siswa
- Guru memancing partisipasi aktif siswa dengan pertanyaan: 1) Apakah kalian setuju dengan kakak di dalam cerita? 2). Apakah yang dilakukan kakak benar? (Guru dapat menstimulasi siswa untuk memberikan alasan atas jawaban siswa. Mengapa menjawab benar? Mengapa menjawab salah? Jika salah, bagaimana yang seharusnya?)
- Siswa diminta menceritakan hasil pemikirannya, apa yang harus dilakukan jika adiknya suka menari di atas tempat tidur.
- Siswa membaca teks tentang adik di buku siswa.
- Siswa menuliskan 5 (lima) hal baik yang dilakukan untuk adik. Nomor 1 telah diberikan sebagai contoh. Minta siswa untuk menebalkan jawaban nomor 1 dan menuliskan pendapat mereka sendiri di nomor 2, 3, 4, dan 5.
- Guru membahas jawaban-jawaban siswa.
- Guru menjelaskan kepada siswa bahwa siswa akan melakukan kegiatan bernyanyi lagu Sayang Semuanya di rumah, bersama adik.
- Orang tua akan mengamati dan memberikan nilai terhadap kegiatan bersama adik tersebut.
- Sebagai penutup guru mereview semua kegiatan yang sudah dilakukan seharian dan meminta siswa melakukan refleksi kegiatan hari itu.
- Kelas ditutup dengan doa bersama.
1. Penilaian Sikap: Pengamatan dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan.
2. Penilaian Pengetahuan : - Test tulis
3. Penilaian Keterampilan
H. Media, Alat Bantu, dan Sumber Pembelajaran
- Buku teks tema 2 hal. 53-59
Kepala Sekolah, Guru Kelas,
xxxxxxxxxxxxxxx zzzzzzzzzzzzzzzzzzz
0 Comments
Bagai mana menurut anda informasi yang disajikan oleh penulis kepada anda ?