Media Shilaturrahmi Berbagi Informasi Akurat Seputar Data Pendidikan

Lombok Timur Dalam Data

Tahun baru Islam 1 Muharram 1439 Hijriah pada tahun ini jatuh pada tanggal 21 Sepetember 2017 merupakan salah satu diantara beberapa hari yang sangat sakral bagi ummat islam diseluruh dunia. Dengan merujuk pada kalender Hijriah yaitu kalender yang digunakan oleh umat Islam untuk menentukan tanggal atau bulan yang berkaitan dengan ibadah, atau hari-hari penting lainnya bagai ummat islam. Kalender ini dinamakan Kalender Hijriah, karena pada tahun pertama kalender ini merupakan tahun di mana terjadi peristiwa Hijrahnya Nabi Besar Muhammad SAW dari Makkah menuju ke Madinah.

Dalam rangka menyambut peringatan 1 Muharram 1439 Hijriah, Pemeritah Kabupaten Lombok Timur menggelar berbagai kegiatan guna mentakmirkan peringatan 1 Muharram 1439 Hijriah salah satunya adalah Pawai Taaruf dan Pameran Budaya, produk produk barang hasil kerajinan tangan masyarakat Lombok Tinur dll, yang bertempat di Lapangan Nasional Selong Kabupaten Lombok Timur yang direncanakan sekitar 15 hari mulai pada tanggal 19 September 2017 s/d 3 Oktober 2017. Dalam kegiatan tersebut Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lombok Timur mengusung tema "LOMBOK TIMUR DALAM DATA" 
Kita sebagai masyarakat ilmiah tentu menyadari bahwa data itu sangat penting dalam hidup dan kehidupan baik berbangsa maupun bernegara. Data adalah segala sesuatu yang sudah dicatat dalam sebuah buku atau catatan lainnya baik yang berbentuk dokumen, air, manusia, batu-batuan, pohon dan lain sebagainya yang merupakan sebuah fakta sejarah. Karena segala sesuatu itu sebenarnya merupakan suatu fakta dimana fakta itu pasti ada. Fakta juga bisa menjadi data jika kita dan atau orang lain mencatatnya secara tertulis maupun rekaman.

Dengan demikian fakta adalah bahan baku dalam suatu penelitian ilmiah. Tetapi fakta saja tidak memiliki makna apa-apa saja jika tidak dibukukan dan atau dicatat, dikelola serta dianalisis dengan baik. Untuk itu, jika sebuah data telah diolah dan dinterpretasikan, maka data ini akan berubah menjadi sebuah informasi dan dari informasi tersebut masyarakat akan dapat mengetahuinya.

Terkait dengan kegiatan Pameran 1 Muharram tersebut sebagaimana dimaksud diatas. Menurut Hendra Gunawan yang merupakan Ketua Forum Operator Pendataan Pendidikan Seluruh Indonesia (FOPPSI) Kabupaten Lombok Timur, "Sebagai salah satu mitra dalam menyukseskan sistem pendataan pendidikan di Kabupaten Lombok Timur peran anggota dan masyarakat agar ikut serta berpartisipasi menampilkan berbagai dokumen-dokumen pendataan, alur sistem pendataan, termasuk kesenian tradisional, dan benda-benda lokal lain lain agar ditampilkan dalam kegiatan ini, sehingga masyarakat nantinya memperoleh informasi terkait dengan hal tersebut"

Dalam Pameran 1 Muharram nanti Dinas Perindustrian dan Perdagangan  Kab. Lombok Timur  juga akan menggelar  pasar sembako murah dan penjualan produk produk kerajinan asli masyarakat Lombok Timur sehingga masyarakat bisa datang berkunjung nantinya. Kegiatan ini bukan hanya untuk masyarakat lokal saja, tetapi juga untuk masyarakat di luar pulau Lombok, bahkan mancanegara. 

Related : Lombok Timur Dalam Data

0 Komentar untuk "Lombok Timur Dalam Data"