Juknis Instrumen PMP PAUD 2017

Program penjamin mutu pendidikan jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dengan berpedoman pada Penjelasan dan Petunjuk Pengisian Standar nasional pendidikan (SNP), dan Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2015 tentang perubahan kedua atas PP No 19 Tahun 2005 adalah kriteria minimal tentang sistem pendidikan di seluruh wilayah hukum NKRI. Standar Nasional Pendidikan  SNP sebagaimana dimaksud diatas terdiri: 1) kompetensi lulusan, 2) isi, 3) proses, 4) pendidik dan tenaga  kependidikan, 5) sarana prasarana, 6) pengelolaan, 7) pembiayaan, dan 8) standar penilaian. 

Standar minimal ini juga berlaku untuk pengelolaan program pendidikan nonformal dan informal, termasuk diantaranya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Untuk maklum bahwa maksud dan tujuan dari pengisian instrumen PMP PAUD ini, tidak untuk memberikan penilaian kepada satuan pendidikan  melainkan untuk mengetahui peta dan kondisi mutu pengelolaan program PAUD yang sedang Bapak/Ibu/saudara kelola.

Dengan mempunyai informasi peta dan kondisi ini kami dapat mengetahui aspek-aspek apa saja yang masih membutuhkan penguatan, dan mengetahui juga aspek-aspek apa saja yang harus lebih dioptimalkan, sehingga dapat berkontribusi terhadap peningkatan kualitas layanan Program PAUD.

Berikut ini kami gambaran sedikit paparan terkait Instrumen PAUD sebagai berikut:
A. Umum
  1. Pertanyaan/pernyataan yang harus dijawab atau diisi oleh operator lembaga dengan cara memberi tanda √ pada pilihan yang sesuai atau menuliskan jawaban sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.
  2. Operator harus melampiran fotokopi dokumen pendukung di setiap pertanyaan atau pernyataan dalam instrumen pemetaan mutu yang memang membutuhkan dokumen secara lengkap.
B. Khusus
  1. Operator harus memberi tanda √ satu atau lebih pilihan pada kotak pilihan yang tersedia sesuai dengan makna setiap butir pertanyaan/pernyataan dalam instrumen pemetaan mutu tersebut.
  2. Operator harus melampirkan fotokopi dokumen, misalnya surat undangan, berita acara, surat keterangan, foto-foto kegiatan, denah lahan atau bangunan dan sebagainya untuk mendukung ketabahan jawaban  atau isian
Untuk instrumen PMP PAUD dapat di Unduh disini Instrumen PMP PAUD 2017

Post a Comment

0 Comments