Sejarah FOPPSI Lombok Timur, Perjuangkan Nasip Operator

Forum Operator Pendataan Pendidikan Seluruh Indonesia yang disingkat (FOPPSI) Kabupaten Lombok Timur, berdasarkan catatan sejarahnya bahwa pada tanggal 21 Desember 2016 dilaksanakan kegiatan urun rembuk pembentukan formatur dan pengurus FOPPSI Lombok Timur yang bertempat di Gedung Dinas Dikpora Kecamatan Pringgabaya Kab. Lombok Timur yang memutuskan 
1. Hendra Gunawan (sebagai Ketua)
2. Atharuddin (Sekretaris) dan
3. Riadatul Jannah dan Erna Susilawati (Bendahara)

Keberadaan FOPPSI Lombok Timur awalnya dinilai oleh banyak pihak adalah organisasi ilegal, namun rekan-rekan pengurus tetap menujukkan komitmen yang kuat dalam memperjuangkan nasip operator sekolah pada waktu itu untuk mendapatkan pengakuan atas jabtanya sebagai operator, meskipun kami tidak kenal orangnya yang kami perjuangkan. Tapi kami tetap menunjukkan sikap profesional dan terus bekerja dgn mengedepankan program wujudkan data tepat dan akurat.

FOPPSI Kab Lombok Timur induk organisasinya Forum Operator Pendataan Pendidikan Seluruh Indonesia (FOPPSI) adalah sebuah forum bagi seluruh operator sekolah pada jenjang pendidikan dasar maupun menengah yaitu tingkat PAUD, SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA. Organisasi FOPPSI didirikan pada 12 Oktober 2015 pada Musyawarah Nasional di Jakarta, sekretariat berpusat di SD Alam Natur Islam, Jln. Raya Pondokgede Permai No. 11A Jatirasa, Jatiasih, Kota Bekasi 17424 dengan akta pendirian Akta Notaris Nomor 2283 Tanggal 29 Desember 2015 Notaris : IIS ANITA PUSPITASARI, SH SK MENKUMHAM NOMOR : AHU-0033876.AH.01.07.TAHUN 2015.

Pada tanggal 3 Januari 2017 pengurus FOOPSI Kab. Lombok Timur melakukan shilaturrahmi dgn kapala Dinas Pendidikan dan Kebuadayaan Kab. Lombok Timur untuk meminta saran dan pendapat terkait FOPPSI dan alhamdulillah beliau sangat merespon postif terhadap kegiatan operator, dimana operator dinilai sangat penting dalam mamjukan kualitas data mutu pendidikan. Kutipan saran yg dipetik dalam pertemuan tersebut adalah : Mari kita sama bekerja untuk memajukan data pendidikan khususnya di Lombok Timur dan data nasional umumnya, kami mendukung kegiatan saudara dalam wujudkan data tepat dan akurat, silahkan bekerja dengan baik, koordinasi dan profesional dalam bekerja, kami sangat apresiasi.

Selanjutnya jajaran pengurus FOPPSI Kab. Lombok Timur melakukan pelebaran sayap dgn melakukan kegiatan urun rembuk di 20 kecamatan yang ada di Kabupaten Lombok Timur mulai dari ujung barat, timur, utara dan selatan, namun satu kecamatan sempat tertunda untuk kegiatan urun rembuk sehingga tercatat 19 kecamatan sudah terbentuk pengurusnya. Seluruh pembiayaan atas kegiatan murni seluruhnya adalah swadaya mereka sendiri.

Pada tanggal 1 Februari 2017, yang siyogyanya pengambilan sumpah pengurus FOPPSI Kabupaten akan diambil oleh pengurus FOPPSI NTB dalam kesempatan tersebut Muhammad Arsyid dalam sambutannya menyampaikan, Kami sangat bangga karna FOPPSI diterima dengan baik dan merupakan suatu kehormatan bagi kami FOPPSI atas bersedianya Kepala Dinas dan menyempatkan waktunya serta peduli dengan FOPPSI maka kewenangan untuk melantik diserahkan kepada Bapak Kepala Dinas selaku mitra kerja FOPPSI untuk melantik pengurus FOPPSI Kabupaten Lombok Timur

Prosesi kegiatan pelantikan Pengurus FOPPSI Kabupaten Lombok Timur dilantik dan diambil sumpahnya langsung oleh Kepala Dinas Dikpora Kab. Lombok Timur (Lalu Suandi, S.Sos), Hadir dalam kesempatan tersebut Sekretaris Dinas Dikpora Kab. Lombok Timur (Jujuk Ferdiyanto) dan Manajer BOS Lalu Bayan, S.Sos. Dalam acara pelantikan tersebut ketua FOPPSI PUSAT bapak Basuki Rakhmad juga menyampaikan sambutannya Via Telpon yg didengar langsung oleh seluruh peserta pelantikan diruang Aula Handayani Dinas Dikpora Kab. Lombok Timur dalam sambuatannya beliau sangat mengapresiasi dan sangat berterima kasih kepada Kepala Dinas Dikpora yg telah menerima FOPPSI sebagai mitra dalam memajukan sistem pendataan nasional.

Dipenghujung bulan Februari 2017 sesuai AD/ART FOPPSI bahwa setiap kecamatan yang sudah melakukan urun rembuk pembentukan pengurus maka pengurus FOPPSI kabupaten dapat melantik pengurus dibawahnya yaitu pengurus kecamatan. Namun Mengingat luas wilayah kabupaten yg cukup luas tentu kegiatan tersebut akan memakan waktu lama lagi dan biaya yg tidak sedikit untuk proses kegiatan pelantikan. Maka pengurus kabupaten melakukan rapat online Via Mesengger SEKRETARIAT FOPPSI KAB. LOMBOK TIMUR, yang merupakan sekretariat perjuangan forum sehingga FOPPSI menjadi besar khususnya di Lombok Timur menghasilkan suatu kesepakatan bahwa 19 kecamatan akan dilantik secara serentak di Kabupaten Lombok Timur.

Setelah melakuan berbagai upaya pendekatan dan pengembangan syiar FOPPSI Kabupaten Lombok Timur, maka kegiatan pelantikan pengurus kecamatan atas inisiatif bersama memutuskan kata sepakat untuk melalukan shilaturrahmi dengan Bupati Lombok Timur yang dirangkaikan dengan acara pelantikan pengurus FOPPSI kecamatan se Kabupaten Lombok Timur dan tepat pada hari Ahad, 5 Maret 2017, Pengurus FOPPSI Kecamatan Se Kabupaten Lombok Timur secara Resmi oleh Ketua FOPPSI Kab. Lombok Timur (Hendra Gunawan)

Bupati Lombok Timur dalam sambutannya menyatakan bahwa Tenaga Kependidikan atau (operator pendataan pendidikan) tenaga administrasi sangat penting dalam menunjang kegiatan sekolah, dimana operator memiliki peran penting dalam pendataan pendidikan yang justru selalu dilupakan terkait kebijakan, untuk itu izinkan saya berpikir, merenung dalam dua minggu. 

FOPPSI sebagai wadah berhimpunya operator sekolah se lombok timur terus bekerja dan berjuang agar operator seluruhnya segera mendapat pengakuan atas jabatan operator disatuan pendidikan agar dapat di SK kan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur dan alhamdulillah saat ini menurut informasi dikabarkan sekitar lebih dari 600 Operator Sekolah termasuk Guru Garis Depan (GGD) pada hari Senin, 14 Agustus 2017 pukul 08.00 wita bertampat di Ball Room Lantai II Kantor Bupati Lombok Timur akan melaksanakan serah terima SK /Penyerahan SK untuk GGD dan Operator Sekolah oleh Bupati Lombok Timur H. Moch Ali Bin Dachlan ( Ali BD).

Semoga kegiatan tersebut berjalan dengan baik dan lancar. amin amin ya robbal alamin

Post a Comment

1 Comments

  1. Boleh Minta PDF File SK Nya Terimakasih

    Salam FOPPSI

    HIMAWAN Sekretaris FOPPSI JABAR

    ReplyDelete

Bagai mana menurut anda informasi yang disajikan oleh penulis kepada anda ?