Panduan Mengisi Menu Reguler dan Jadwal New, Dapodik2018

Dalam Dapidik versi 2018 terdapat menu baru yaitu jadwal pelajaran,  untuk membuat jadwal pelajaran pada aplikasi Dapodikdasmen2018 Tahun pelajaran 2017/2018, sahabat operator terlebih dahulu membuat konsep jadwal Pelajaran Kurikukum 2013 dan KTSP dan jadwal kegiatan ekstrakuikuler lainnya,  Jika seluruh dokumen sudah tersedia, maka lakukanlah kegiatan pengisian jadwal sesuai dengan SK yang sudah ditanda tangani oleh kepala sekolah.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penyusunan jadwal dimana ini bagi sekolah dan operator sekolah sehingga nantinya tidak salah dalam proses entry jadwal khususnya jenjang SD. Adapun hal hal yang harus diperhatikan adalah:
Gambar Struktur Kurikulum K13 dan KTSP 2006,
Kita mulai pembahasan dari kurikulum 2013 dan KTSP SD, yang pertama adalah ambang batas jam mengajar sesuai struktur kurikulum 2013 SD/MI sebagai berikut:
1. Aturlah jadwal sesuai dengan ambang batas yang tetera pada tabel diatas.
Langkah Pertama: buatlah rombel di dapodik, Caranya klik menu "rombel". pilih "reguler" lalu klik tombol "tambah". Jenis rombel pilih "Kelas" Tingkatan kelas (misal Kelas I-A). Kurikulum ( pilih Kurikulum 2013 SD) Nama rombel (I-A), wali/guru kelas, Prasarana (pilih ruang kelas misalnya RK-1), Moving Clas dan Melayani kebutuhan khusus (jika ada). Kalu sudah selesai klik tombol simpan, begitu seterusnya untuk kelas2 yg lainnya.

2. Isi jumlah jam guru pada menu rombongan belajar reguler dgn cara klik menu pembelajaran yg berwarna hijau, kemhdian klik edit pembelajaran pada rombel, isi SK mengajar dan tanggal SK kemudian jam mengajar: perhatikan tabel jam dan jam MAX,  isi jam sesuai tabel Max misalnya Guru kelas 24 max maka isi dikolom jam 24. Guru PAI mak 4, maka kolom jam diisi 4 pula dan seterusnya.lalu klik simpan. Selsai

Berikutnya adalah mengisi jadwal pembelajaran, klik menu jadwal new, pada kolom sarana pilih ruang terori/kelas RK-1 (misalnya) kemudian pilih hari dan klik menu tambah maka akan muncul jadwal prasaran ruang kelas, pilih pembelajaran hitung berapa jam pembelajaran guru dalam sehari dan sesuaikan dgn kondisi jam sesuai dgn ketentuan ambang batas jam mengajar dalam satu minggu. 

Intinya adalah bagi jumlah total jam mengajar sesuai ambang batas perminggu menjadi perhari pada kolom Alokasi Jam, Contohnya hari senin 6 jam, selasa 6, rabu 6, kamis 6, jumat 4, dan sabtu 4 maka jumlahnya adalah 32 Jam perminggu. Khusus kurikulum 2013 SD yg seharusnya distruktur kurikulum adalah 30 guru kelas dpt menambahkan 2 jam pelajaran agar guru kelas 1 tidak kekurangan 2 jam. Untuk itu diaplikasi tetap dia 24 jam maksimal.

Adapun hal-hal yang kurang jelas dapat langsung memberikan komentar pada laman yang tersedia dibawah ini,  insya allah penulis tetap stanbay menjawab dan berdiskusi dengan pengunjung semuanya. 

Post a Comment

1 Comments

Bagai mana menurut anda informasi yang disajikan oleh penulis kepada anda ?