Lampu PMP 2017 Sudah Berkedip Mulai Hitung Mundur

Sahabat Reponden dan Operator yang berbahagia, Terhitung sejak dipostingnya Surat Edaran Dirjen Dikdasmen Nomor 09/D/PD/2017 Tentang Pemetaan Mutu Pendidikan Tahun Ajaran 2017/2018 tanggal 12 Juli 2017, maka mulai sejak tanggal 15 Juli  s/d 30 September 2017  batas waktu pengiriman PMP.
Mari kita simak bersama uraian singkat berikut ini, berdasarkan Permendikbud  No. 28 Tahun 2016 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah dalam pasal 6 ayat (2) dinyatakab bahwa siklus kegiatan memetakan mutu pendidikan di tingkat satuan pendidikan berdasarkan Standar Nasional Pendidikan, membuat perencanaan peningkatan mutu yang dituangkan dalam Rencana Strategis Pembangunan Pendidikan; dan memfasilitasi pemenuhan mutu di seluruh satuan pendidikan pada Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) Pendidikan Dasar dan Menengah dikembangkan dan dilaksanakan secara berkelanjutan oleh Pemerintah bekerja sama dengan Pemerintah Daerah sesuai dengan kewenangannya.

Dikembangkannya Sistem Informasi Mutu Pendidikan oleh Pemerintah diharap dapat mendukung proses Pemetaan Mutu Pendidikan (PMP) yang mengintegrasikan seluruh data dan informasi tentang mutu pendidikan sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan. PMP berdasarkan data dan informasi dalam sistem informasi mutu pendidikan dilakukan oleh Pemerintah melalui Direktorat  Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah dibantu Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan bekerja sama dengan Pemerintah Daerah dan Satuan Pendidikan.

Adapun Instrumen  pemetaan mutu mengacu 8 komponen standar nasional pendidikan yang disusun oleh Badan Standar Nasional  Pendidikan, instrumen akreditasi yang disusun oleh Badan Akreditasi Nasional  dan peraturan terkait   lainnya. Adapun Perangkat Instrumen Pemetaan Mutu didalamnya terdapat instrumen Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah, Komite Sekolah, Guru dan Siswa. Untuk mendapatkan file instrumen sebagaimana dimaksud anda dapat melakukan download di Website Resmi PMP dan atau dapat pula di unduh dibawah ini:
1. Instumen PMP Jenjang SD
2. Instrumen PMP Jenjang SMP
3. Instrumen PMP Jenjang SMA
4. Instrumen PMP Jenjang SMK

Post a Comment

0 Comments