Dilema Dalam Solusi !! Entry Jadwal Dapodikdasmen 2018 !

Problematika bagi operator dalam pores input jadwaĺ pembelajaran dalam aplikasi Dapodik 2018 tertama bagi sekolah yang memiliki ruang sarana prasarana pas pasan sementara dalam sekolah tersebut terdapat kelas pararel. 

Contoh kasus dalam satu selolah tedapat 11 Prasarana ruang kelas sementara daĺam sekolah tersebut terdapat 15 rombongan belajar dimana didaĺamnya terdapat 15 org guru kelas, 2 org guru PJOK dan 1 org guru agama. Yang menjadi dilema adalah poses entry jadwal tanpa ada istirahat, Selain ïtu juga tedapat masalah kekurangan ruang kelas dan kekurangan tenaga pendidïk yan berakibat warna merah dan warning dalam jadwal pembelajaran.

Menarik untuk dibahas, dimana dalam jadwal tidak ada jam istirahat (full time) jumlah pembejaran 20 sementara dalam 1 pembelajaran dihitung 1 JP.  Sesungguhnya jadwal sudah baik namun kesannya berbeda sebab tidak sesuai dengan kodisi yang ada dïlapangan (Dijadwal Dapodik full belajar, sementara disekolah jadwal yang diterima operator dari sekolah tidak sesuai dgn jadwal yg terdapat dïsekolah karna dalam jadwal sekolah ada waktu iŕtirahat). Inilah yang menjadi dïlema dalam proses entry data.

Selanjutnya bagaimana solusi yang dapat diambil untuk pemecahan masalah jadwal warning merah..? Jawabnya adalah periksa kembali jadwal pembelajaran agar jam belajar tidak berbenturan akïbat dari keterbatasan sarana dan kekurangan guru mapel. Selanjutnya jïka sarana kurang, tenunya waktu penyelenggaraan  pada menu data rinci sekolah di pilîh Kobinasi (pagï dan sian) sehingga dalam jadwal diatur kira kira di urutan pembelajaran ke 10-20 agar tïdak warning. 

Tulisan ini dipubĺikasikan karna untuk berbagi cerita dan solusi. Jika ada solusi lain yang lebih baik kiranya mari berbagi agar kita semua satu data. Guna mewujudkan data tepat dan akurat. 
Terima kasih.

Post a Comment

0 Comments