Contoh Program Kerja 8 Tahun, RKS-RKAS, RAPBS dan RKT Kepala Sekolah

Berikut ini adalah contoh dokumen program kerja kepala sekolah dalam menjalankan tugas manajerial di sekolah salah satunya adalam menyusun beberapa program yang berhubungan tugas manjerial  salah satunya adalah menyusun RKS/RAPBS/RKT dan program-program kerja lainnya:

Pemerintah telah banyak melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional. Hal ini tercermin dari kebijakan-kebijakan yang telah dikeluarkan dan dilaksanakan seperti diberlakukan nya UU Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan PP Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
    Dalam Permen Diknas Nomor 19 tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan dijelaskan bahwa, setiap sekolah/madrasah harus memiliki RKS dan RKAS yang dijadikan dasar pengelolaan sekolah/madrasah yang ditunjukkan dengan kemandirian, kemitraan, partisipasi, keterbukaan dan akuntabel.           
RKS dan RKAS yang disusun ini meliputi komponen Kesiswaan, Kurikulum dan Kegiatan Pembelajaran, Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Sarana dan Prasarana, Keuangan dan Pembiayaan, Budaya dan Lingkungan Sekolah. Peran serta masyarakat, serta rencana-rencana lain yang mengarah pada peningkatan mutu pendidikan, Program Sekolah baik jangka pendek, menengah, maupun jangka panjang disusun dengan tujuan :
  • menjamin agar tujuan sekolah yang telah dirumuskan dapat tercapai;
  • menjamin terciptanya integrasi, sinkronisasi, dan sinergi antar pelaku sekolah, antar sekolah dan Pembina pendidikan, dan antar waktu;
  • menjamin keterkaitan dan konsistensi dan perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, dan pengawasan;
  • mengoptimalkan partisipasi warga sekolah dan masyarakat;
  • menjamin tercapainya penggunaan sumber daya secara efektif, efisien , berkeadilan, dan berkesinambungan
Dalam kesempatan ini  penulis mencoba untuk berbagi contoh dokumen program kerja kepala sekolah yang telah disusun pada tahun sebelumnya. Pengunjung blog yang berbahagia jika berminat untuk mendapatkan contoh tersebut diatas, anda dapat melakukan download tautan aktif dibawah ini:
  1. Program Tahunan Kepala Sekolah 
  2. Program Kerja Kepsek 8 Tahun 
  3. Contoh RAPBS 
  4. Contoh RKS-RKAS
  5. Rencana Keja Jangka Menengah (RKJM)

     

Post a Comment

0 Comments