Penting Untuk di Cek Data Koordinat,Luas Tanah Pada Dapodik PAUD dan Dapodikmas #DataKita PNF

Grafik diatas menunjukkan data sebaran lokasi satuan pendidikan PAUD dan Dikmas (TK, KB, TPA, SPS, PKBM, LKP dan SPS) di seluruh Indonesia. Kebanyakan data yang berada pada wilayah daratan negara Indonesia tampaknya sudah menunjukkan koordinat dan lokasi dari satuan pendidikan tersebut, tetapi beberapa data yang nampak berada pada di wilayah lautan negara Indonesia dan bahkan di luar wilayah Indonesia tampaknya belum menunjukkan koordinat dan lokasi sesungguhnya dari satuan pendidikan. Selain koordinat lintang bujur yang belum menunjukkan lokasi sebenarnya, beberapa data luas tanah pada satuan pendidikan PAUD dan Dikmas juga tampaknya belum menunjukkan luas tanah yang sebenarnya.

Grafik diatas menunjukkan besaran luas tanah milik yang terdata pada Dapodik PAUD dan Dikmas, dimana setiap satuan pendidikan diwakili dengan sebuah lingkaran dan besar luas lingkarannya mewakili luas tanah milik dibandingkan dengan satuan pendidikan lainnya. Terdapat beberapa satuan pendidikan yang luas tanah miliknya tampak jauh lebih besar daripada satuan pendidikan yang lain dan tampaknya belum menggambarkan kondisi luas tanah milik sebenarnya

Karena data koordinat lintang dan bujur serta luas tanah milik sangat berguna untuk berbagai keperluan perencanaan  terutama bagi pemberian bantuan sarana dan prasarana dan untuk meningkatkan kualitas Data Pokok Pendidikan secara keseluruhan, dimohon kepada:

Bapak/Ibu Operator Dapodik Satuan Pendidikan untuk dapat memeriksa dan memperbaiki data koordinat lintang dan bujur pada satuan pendidikannya masing-masing.
Bapak/Ibu Operator Dapodik Kabupaten/Kota untuk memverifikasi dan melakukan perbaikan data luas tanah (milik maupun bukan milik), Operator Dapodik Satuan Pendidikan juga dimohon untuk proaktif memberikan data luas tanah milik maupun bukan milik yang akurat kepada Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.

Perbaikan data tersebut diatas dapat dilakukan melalui aplikasi Verifikasi dan Validasi Satuan Pendidikan (VervalSP) yang dapat diakses pada alamat http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id cara melakukan perbaikan data pada aplikasi VervalSP dapat dilihat pada tautan ini


Sumber : https://dapo.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/

Post a Comment

0 Comments