Media Shilaturrahmi Berbagi Informasi Akurat Seputar Data Pendidikan

Membangun Karakter dan Kemandirian Belajar

Kemandirian merupakan suatu keadaan yang menunjukkan suatu perilaku mandiri tanpa bergantung pada orang lain. Kemandirian juga dapat diartikan sebagai suatu sikap teguh dalam mengambil keputusan terkait dengan pola perilaku dan sikap dalam kehidupan bermasyarakat.  

Manusia dalam menjalankan kehidupannya baik sebagai pribadi maupun masyarakat sosial tentu harus memiliki kemandirian dalam menjalankan roda kehidupan baik kemandirian dalam sikap maupun perilaku. Suatu penomena yang jarang kita sadari adalah bagaimana melakukan penilaian terhadap diri sendiri.  Satu konsep yang dapat dijadikan referensi dari kemandirian sikap adalah karakter yang menunjukkan jiwa menerima kenyataan yang terjadi dalam kehidupan sosial dan siap menerima kenyataan hidup tanpa harus bertingkah yang tidak tidak, sebab sikap yang nampak dari individu menunjukkan perilaku sebagai wujud karakter pribadi itu sendiri.

Karakter merupakan suatu sikap batin yang memengaruhi pikiran, perilaku dan tabiat yang dimiliki manusia sebagai makhluk sosial. Sehingga kita dituntut untuk mandiri dalam sikap tidak mudah terpengaruh oleh orang lain. Sehingga penomena yang terjadi dalam kehidupan sosial bukanlah sebagai suatu yang menganggangu melainkan sebagai suatu pembelajaran yang baik dalam menentukan sikap. 

Belajar Menurut James O. Whittaker dalam Djamarah (1999), telah menjelaskan bahwa belajar adalah proses dimana tingkah laku ditimbulkan atau diubah melalui latihan atau pengalaman. Sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, Belajar ialah berusaha memperoleh kepandaian atau ilmu, berlatih, berubah tingkah laku atau tanggapan yang disebabkan oleh pengalaman. Namun semua itu perlu diuji agar tidak terjadi salah tafsir. Selanjutnya adalah Mandiri merupakan suatu sikap untuk tidak menggantungkan keputusan kepada orang lain. Seorang yang menjalankan kegiatan harus mampu hidup mandiri tidak bergantung dengan orang lain, mampu memberikan keputusan terhadap suatu masalah tanpa melibatkan orang lain. 

Belajar mandiri adalah aktivitas belajar yang dilakukan secara bebas dalam menentukan tujuan belajarnya, baik strategi, perencanaan proses belajar, menggunakan sumber-sumber belajar yang dipilih serta membuat keputusan dan melakukan kegiatan-kegiatan yang dilakukan untuk tercapainya tujuan belajar. Dengan demikian Belajar mandiri merupakan cara belajar aktif, partisipatif untuk mengembangkan potensi dan bakat diri masing-masing individu. 

Related : Membangun Karakter dan Kemandirian Belajar

0 Komentar untuk "Membangun Karakter dan Kemandirian Belajar"