Implementasi Kurikulum 2013 Jenjang SD/MI

Arti pendidikan “Pendidikan adalah daya-upaya untuk memajukan bertumbuhnya Budi pekerti (kekuatan batin, karakter), Pikiran (intelek) dan Tubuh anak, dalam rangka kesempurnaan hidup dan keselarasan dengan dunianya” Ki Hadjar. 1962. Karja I (Pendidikan). Pertjetakan Taman Siswa, Jogjakarta & Blog UNY
Pendidikan: proses pembudayaan yakni suatu usaha memberikan nilai-nilai luhur kepada generasi baru dalam masyarakat yang tidak hanya bersifat pemeliharaan tetapi juga dengan maksud memajukan serta memperkembangkan kebudayaan menuju ke arah keluhuran hidup kemanusiaan. 
Pendidikan dan pengajaran idealnya memerdekakan manusia secara lahiriah dan batiniah selalu relevan untuk segala jaman 
Pendidikan nasional ialah pendidikan yang beralaskan garis hidup dari bangsanya (cultureel-nationaal) dan ditujukan untuk keperluan perikehidupan (maatschappelijk) yang dapat mengangkat derajat negara dan rakyatnya, agar dapat bekerja bersama-sama dengan lain-lain bangsa untuk kemuliaan segenap manusia di seluruh dunia. 

Peragaman/Diversifikasi Kurikulum 
Landasan: Nawa cita (1, 3, 5, 6, 7, 8, 9)
Tujuan: revolusi karakter anak bangsa 
Memaknai peragaman/diversifikasi 
Basis diversifikasi/keragaman: siswa, sekolah, daerah 
Format diversifikasi 
Diversifikasi tema (tentatif): maritim, agraris, niaga/jasa 
Diversifikasi geososiocultural: basis potensi lokal konteks nasional dan global (tetap dalam spirit bhinneka tunggal ika!)
Diversifikasi bangun/struktur kurikulum: “rumah makan padang”, guru dan siswa dapat menikmati menu sesuai selera (disamping menu pokok – kompetensi utama)
Pengembangan diversifikasi 
Nasional: maritim, agraris, niaga/jasa 
Daerah: budaya lokal, kearifan lokal, keragaman alam 
Sekolah: niche dan konteks masing-masing sekolah 

Landasan Pengembangan Kurikulum 2013
RPJMN 2010-2014 SEKTOR PENDIDIKAN
Perubahan metodologi pembelajaran
Penataan kurikulum
INPRES NOMOR 1 TAHUN 2010
Percepatan  Pelaksanaan Prioritas Pembangunan Nasional: Penyempurnaan kurikulum dan metode pembelajaran aktif berdasarkan nilai-nilai Budaya bangsa untuk membentuk daya saing dan karakter bangsa
Kebijakan kurikulum
Pembangunan Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2015-2019
Nawacita yang telah tertuang dalam RPJMN 2015-2019
Meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia.
Melakukan revolusi karakter bangsa.
Meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing di pasar internasional.
Memperteguh kebinekaan dan memperkuat restorasi sosial Indonesia.
Arah Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan
Visi : Mewujudkan Insan serta Ekosistem Pendidikan dan Kebudayaan
yang Berkarakter dengan berlandaskan Gotong Royong

  1. Penguatan peran siswa, guru, tenaga kependidikan, orang tua, dan aparatur institusi pendidikan dalam ekosistem pendidikan.
  2. Pemberdayaan pelaku budaya dalam melestarikan kebudayaan.
  3. Peningkatan akses pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah, pendidikan masyarakat dan keluarga, serta pendidikan anak berkebutuhan khusus.
  4. Peningkatan mutu dan relevansi pembelajaran yang berorientasi pada pembentukan karakter.
  5. Peningkatan jati diri bangsa melalui pelestarian dan diplomasi kebudayaan serta pemakaian bahasa sebagai pengantar pendidikan.
  6. Peningkatan sistem tata kelola yang transparan dan akuntabel dengan melibatkan publik.

Ide kurikulum 2013
Yang Mendasari Ide Kurikulum 2013
1. Pancasila
2. Tujuan Pendidikan Nasional
3. Kemampuan (termasuk kemampuan abad 21)
4. Karakter
5. Literasi

BAGIAN I. PRINSIP PENYUSUNAN KURIKULUM 2013
Tujuan pembelajaran
1. menganalisis dokumen, SKL, KI, KD, IPK, dan silabus,
2. memahami pembelajaran tematik terpadu dan menganalisis materi dalam buku,
3. menganalisis perencanaan, pelaksanaan, pengolahan, dan pelaporan hasil belajar
4. merancang pembelajaran
5. memahami bimbingan psiko-edukatif.
Dokumen pendukung
1. Dokumen KTSP
2. Dokumen Program Tahunan (Prota)
3. Dokumen Program Semester (Prosem)
4. Dokumen Silabus
5. Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
6. Dokumen Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
7. Buku guru dan buku siswa
8. Kalender pendidikan
9. Permendikbud Nomor 103 tahun 2014
10. Permendikbud Nomor 20 tahun 2016
11. Permendikbud Nomor 22 tahun 2016
12. Permendikbud Nomor 24 tahun 2016

TOPIK 1. ANALISIS DOKUMEN: SKL, KI-KD, IPK DAN SILABUS
LK 1. Analisis Dokumen SKL, KI dan KD
LK 2.  Memahami Penyusunan Prota, Promes dan Pemetaan KD
LK 3. Merumuskan Indikator Pencapaian Kompetensi
LK 4. Pengembangan Silabus
TOPIK 2. PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DAN ANALISIS MATERI DALAM BUKU
LK 5. Merancang Pembelajaran Tematik Terpadu
LK 6. Analisis Materi dalam Buku Guru dan Buku SIswa
TOPIK 3. PERENCANAAN, PELAKSANAAN, PENGOLAHAN DAN PELAPORAN HASIL BELAJAR
LK 7. Analisis KKM Satuan Pendidikan
LK 8a. Perencanaan, Pelaksanaan, Pengolahan dan pelaporan Hasil Belajar   Aspek Sikap
LK 8b. Rapor Sikap
LK 9. Perencanaan, Pelaksanaan, Pengolahan dan Pelaporan Hasil Belajar Aspek Pengetahuan
LK 10. Perencanaan, Pelaksanaan, Pengolahan dan pelaporan Hasil Belajar Aspek Keterampilan
TOPIK 4. MODEL-MODEL PEMBELAJARAN DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
LK 11a. Penerapan Model Pembelajaran
LK 11b. Merancang Pembelajaran
LK 12. Menganalisis komponen-komponen RPP
TOPIK 5. BIMBINGAN PSIKO-EDUKATIF
LK 13. Memahami Bimbingan Psiko Edukatif
BAGIAN II. PENGEMBANGAN STRATEGI  PENYUSUNAN KURIKULUM 2013
TOPIK 1. STRATEGI PENGELOLAAN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013
LK 1. Mengelola Implementasi Kurikulum 2013
TOPIK 2. STRATEGI PENYEMPURNAAN BUKU KTSP
LK 2.  Menyempurnakan Isi Buku 1 KTSP
LK 3. Menyempurnakan Isi Buku 2 dan 3 KTSP
Download Buku MATERI UMUM KS

BAGIAN I. PRINSIP PENYUSUNAN KURIKULUM 2013
TOPIK 1. ANALISIS DOKUMEN SKL, KI, KD, PENGEMBANGAN IPK, DAN SILABUS
LK 1. Keterkaitan SKL, KI, KD, dan Pengembangan IPK
LK 2a. Mengidentifikasi Komponen Silabus
LK 2b. Menganalisis Silabus
TOPIK 2. ANALISIS MATERI  DALAM BUKU TEKS PELAJARAN
LK 3a. Menganalisis Materi Pembelajaran
LK 3b. Memfasilitasi Pengembangan Materi Pembelajaran
LK 3c. Mengembangkan Materi Muatan Lokal dan Kepramukaan
TOPIK 3. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN
LK 4a. Menganalisis Karateristik Pembelajaran Berbasis Aktivitas
LK 4b. Mengidentifikasi Dimensi Proses Kognitif
LK 5a. Langkah-langkah Model Pembelajaran pada Kurikulum 2013
LK  5b.  Menerapkan Model Pembelajaran
TOPIK 4. ANALISIS PERANCANGAN PERENCANAAN PEMBELAJARAN
LK 6. Menyusun Program Tahunan dan Program Semester
LK 7a.  Alur Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
LK  7b. Menganalisis RPP
TOPIK 5. ANALISIS PENILAIAN DAN PENGOLAHAN HASIL BELAJAR
LK 8a. Memfasilitasi Penetapan KKM Mata Pelajaran
LK 8b. Penetapan KKM Satuan Pendidikan
LK 8c. Memanfaatkan KKM dalam Menetapkan Predikat Capaian Penilaian
LK 9a. Memahami Konsep Penilaian Sikap, Pengetahuan, dan Keterampilan
LK 9b. Merencanakan Penilaian
LK 9c. Melaksanakan Penilaian
LK 9d. Memfasiltasi Pengelolaan Hasil Penilaian
LK 10a. Memfasilitasi Pengolahan Nilai Sikap Spiritual
LK 10b. Memfasilitasi Pengolahan Nilai Sikap Sosial
LK 10c. Memfasilitasi Pengolahan Nilai Pengetahuan
LK 10d. Memfasilitasi Pengolahan Nilai Keterampilan
BAGIAN II PENGEMBANGAN STRATEGI
PENYUSUNAN KURIKULUM 2013
TOPIK 1. STRATEGI PENGELOLAAN IMPLEMENTASI   KURIKULUM 2013
LK 1. Mengelola Implementasi Kurikulum 2013
TOPIK 2. STRATEGI PENYEMPURNAAN BUKU KTSP
LK 2. Meyempurnakan Isi Buku 1 KTSP
LK 3.  Menyempurnakan Isi Buku 2 dan 3 KTSP
DOWNLOAD : BUKU KERJA KEPALA SEKOLAH

Post a Comment

0 Comments