Instrumen Rencana Pengawasan Akademik Pengawas Sekolah

Supervisi adalah suatu layanan dari atasan kepada bawahan dengan memberikan pengarahan guna mengembangkan kinerja menjadi lebih baik. Kegiatan supervisi akademik disebut pula sebagai kegiatan mengawasi atau pengawasan. Pengawasan dalam rangka pengembangan akademik penylenggaraan pendidikan di satuan pendidikan terutama pada penguasaan dan pengembangan disiplin ilmu pengetahuan, teknologi dan pengembangan kemampuan dalam proses pembelajaran. Karena dengan adanya pengawasan (supervisi), diharapkan akademik akan semakin berkembang. Mempelajari tujuan, prinsip, fungsi dan obyek dalam supervisi akademik menjadi penting dan wajib dalam rangka meningkatkan kinerja guru. 

Menurut pendapat Daresh, 1989, dan Glickman, et al. 2007 menjelaskan pengertian superviseakademik yaitu “serangkaian kegiatan membantu guru mengembangkan kemampuannya mengelola proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran” 

Pengawasan merupakan bantuan profesional kemitraan melalui dialog masalah pendidikan dalam rangka membantu guru, kepala sekolah/madrasah dalam meningkatkan kemampuan profesionalnya sebagai upaya meningkatkan mutu pendidikan pada sekolah/madrasah binaannya. Pengawasan juga dapat diartikan sebagai proses kegiatan pemantauan untuk memastikan bahwa kegiatan di sekolah/madrasah terlaksana seperti yang direncanakan. Selain itu, pengawasan juga dapat diartikan kegiatan mengoreksi untuk memperbaiki kesalahan atau penyimpangan yang terjadi selama pengelolaan pendidikan di sekolah. 

Dengan kata lain, pengawasan pendidikan adalah fungsi manajemen pendidikan yang harus diaktualisasikan. Berikut ini adalah contoh instrumen rencana kepengawasan akademik pengawas satuan pendidikan jenjang pendidikan SD/MI/SMP/SMA/SMK dll

RENCANA KEPENGAWASAN AKADEMIK
(RKA)

A. FOKUS MASALAH
  • Membina guru mata pelajaran dalam menyusun dan mengembangkan program tahunan, program semester, program bulanan, silabus dan RPP
B. TUJUAN
  • Membantu guru mata pelajaran dalam menyusun dan mengembangkan program tahunan, program semester, program bulanan, silabus dan RPP, sesuai dengan kebutuhan dan permasalahan siswa dan dapat meningkatkan kualitas administrasi Guru, agar lebih efektif, efisien untuk mencapai hasil yg diharapkan Guru di setiap sekolah.
C. INDIKATOR KEBERHASILAN
  • Tersusunnya perencanaan program yang sistematis terpadu berkesinambungan dan sesuai dengan kebutuhan siswa.
  • Terwujudnya pelaksanaan rencana program pembelajaran Guru yang efektif, efisien dengan memperdayakan semua personil yang ada
D. STRATEGI/METODE KERJA (TEKNIK SUPERVISI)
  • Pembinaan, penilaian, dan pemantauan secara berkala dan terus menerus
  • Supervisi (pembinaan dan penilaian) dengan menggunakan instrumen supervisi akademik (Guru) standart proses
  • Monitoring dan evaluasi/pemantauan untuk mengetahui tingkat pencapaian program yang telah direncanakan
E. SKENARIO KEGIATAN
1. Pertemuan awal
  • Melaksanakan koordinasi dengan seluruh guru di sekolah dan personil sekolah yang lain untuk menyusun kebutuhan siswa sesuai dengan hasil pengamatan dan aplikasi instrumentasi supervisi Guru (tes dan non tes)
  • Menyiapkan sarana pendukung yang diperlukan dalam kegiatan sosialisasi penyusunan program
  • Melaksanakan sosialisasi dengan melibatkan semua guru dan tenaga kependidikan lainnya
2. Pertemuan inti
  • Melaksanakan sosialisasi dalam bentuk presentasi dilanjutkan workshop dengan melibatkan semua guru dan tenaga kependidikan lainnya
  • Membentuk 3 tim yang terdiri dari tim penyusun program kelas X, XI, dan XII
  • Mempelajari dan merumuskan masing-masing kebutuhan siswa sesuai dengan jenjang kelas untuk dikelompokkan sesuai bidang-bidang Guru mata pelajaran
  • Menyusun perangkat pembelajaran Guru secara bottom up diawali dengan membuat rencana program pembelajaran sampai dengan program tahunan
3. Pertemuan akhir
  • Mempresentasikan hasil workshop masing-masing tim
  • Merumuskan kesimpulan untuk ditindaklanjuti menjadi program Guru produk sekolah tersebut
F. SUMBER DAYA YANG DIPERLUKAN
1. Panduan pengembangan silabus dan RPP
2.     Rambu-rambu pelaksanaan Guru
3. Sarana dan prasarana yang dibutuhkan

G. PENILAIAN DAN INSTRUMEN
1. Penilaian
  • Penilaian sudah termasuk dalam supervisi
2. Instrumen
  • Instrumen supervisi standart proses dan standart penilaian
H. RENCANA TINDAK LANJUT
  • Masing-masing tim mengadakan koordinasi dan evaluasi  setelah perencanaan program selesai disusun untuk dijadikan satu menjadi program Guru secara keseluruhan
  • Setiap akhir tahun pelajaran mengadakan evaluasi pelaksanaan program untuk ditindaklanjuti dalam penyusunan program tahun berikutnya
  • Pengawas menyampaikan hasil monitoring evaluasi dan supervisi sebagai refleksi serta menjadi acuan untuk tahun berikutnya
I. WAKTU PELAKSANAAN.
  • Minggu pertama

Post a Comment

0 Comments