Sejarah Industri Pengusaha Tahu Di Desa Aikmel Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur

Industri Pengusaha Tahu Di Desa Aikmel Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur. Berikut deskripsi sejarah perkembangan industri pengusaha Tahu di Desa Aikmel, manajemen pengelolaan termasuk dampak dari limbah hasil industri tahu terhadap lingkungan hidup di desa Aikmel dan alternatif pemecahannya. Penelitian ini bersifat deskriptif analisis dengan menggunakan pendekatan historis, mulai dari pemilihan topik, heuristik, kritik, interpretasi hingga historiografi.
Berdasarkan hasil analisis data dari peneliti, diperoleh kesimpulan sebagai berikut :
Pertama, Industri tahu berkembang di desa Aikmel berawal inisiatip individu sekelompok masyarakat yang ingin memajukan ekonomi keluarga mereka melalui unit usaha kecil yaitu industri tahu. Keberhasilannya dalam mengelola industri ini didukung oleh modal yang cukup, meski sangat sederhana yang pada akhirnya sekarang menjadi industri yang cukup besar dan banyak menampung tenaga kerja. Pemerintah dalam hal ini juga turut membantu dalam hal legalitas formal perijinan usaha sehingga industri yang dikelolanya terkenal diberbagai desa di Lombok Timur bahkan sampai keluar daerah.
Kedua, Proses produksi tahu di desa Aikmel meliputi pembelian bahan baku kedelai pilihan, pengolahan atau mengupas kulit kedelai lalu melakukan pencucian dan perendaman dalam beberapa jam untuk selanjutnya digiling menggunakan mesin kemudian direbus dan diaduk dalam adonan dan dilakukan secara berulang-ulang, bila adonan itu sudah jadi, maka sudah dapat dipotong potong, digoreng atau langsung siap untuk jual.
Ketiga, Manajemen pengelolaan industri tahu yang dikembangkan oleh pengusaha meliputi dua konsep yaitu perencanaan strategis dan perencanaan fungsional/operasional. Konsep perencanaan strategis meliputi strategi visi dan misi dalam rangka mencapai tujuan usaha yang dikembangkan dalam sekala jangka panjang. Sedangkan perencanaan operasional merupakan bagian dari strategi yang mengarah pada bidang fungsional usaha dalam memperjelas dan meng identifikasi rincian yang sifatnya spesifik dan berjangka pendek.
Keempat, Dampak limbah yang dihasilkan oleh industri tahu meliputi produk utama yang dihasilkan berupa tahu, krupuk tahu, juga menghasilkan produk sampingan berupa air limbah tahu dan ampas tahu. Selain itu juga air limbah tahu oleh sebagian pengusaha industri tahu dibuang langsung ke saluran irigasi, petani memanfaatkan air limbah tahu untuk kesuburan pertanian dan ampas tahu juga dimanfaatkan untuk pakan ternak.
Pada dasarnya dalam penelitian ini masih  terdapat banyak ruang dengan batasan wilayah dan waktu tertentu yang bisa dikaji lebih lanjut sehingga diperoleh pembahasan tentang sejarah perkembangan industri tahu secara lebih luas dan menyeluruh dan memiliki dampak bagi kehidupan sosial, ekonomi dan budaya bagi masyarakat di sekitarnya, menanamkan nilai nilai pendidikan kewirausahaan, serta dapat dimanfaatkan untuk pengembangan materi lokal berbasis sejarah industri guna meningkatkan ekonomi masyarakat setempat.
Untuk File Lengkap berupa Dokumen Microsoft World/PDF klik untuk mendpatkan  FILE BAB I -V DOWNLOAD DISINI



Post a Comment

0 Comments