Media Shilaturrahmi Berbagi Informasi Akurat Seputar Data Pendidikan

Pedoman Akreditasi SisPeNa BAN/SM 2018

Kepada Yth, Bapak/Ibu/Saudara Guru/Kepsek/Ops Satuan Pendidikan khususnya satuan pendidikan di Indonesia yang akan melaksanakan kegiatan akreditasi sekolah pada tahun 2018. Sebelum memulai mengisi isian SIPPENA sebaiaknya kita baca dulu sedikit pedoman terbaru akreditasi Sekolah/madrasah edisi revisi terbaru tahun 2018. Juknis atau pedoman akreditasi Sekolah/madrasah disusun oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M). Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa sistem pendataan akreditasi tahun 2018 dilaksanakan melalui Online, yang disebut denagn sispena, bisa diakses di laman berikut : http://bansm.kemdikbud.go.id/sispena/login

Aplikasi sispena ini tentunya sudah integrasi data dengan Dapodikdasmen Kemdikbud dan Emis Kementerian Agama serta penyederhanaan proses Akreditasi, dari 10 langkah menjadi 8 langkah dalam POS Pelaksanaan Akreditasi S/M. Bagi sekolah yang sudah diminta melaksanakan sispena, maka alamat barunya adalah http://bansm.kemdikbud.go.id/sispena/login/. Bagi anda yang ditunjuk sebagai operator sispena, terlebih dahulu kami sarankan untuk membaca panduan lengkap sispena 2018 Di Sini PANDUAN SISPENA 2018

Untuk memulai login terbaru sispena untuk kreditasi sekolah 2018 silahkan para admin ikuti langkah-langkah  sebagai berikut:

  1. Silahkan login alamat berikut: http://sispena.bansm.or.id/
  2. Lalu masukkan username dan password menggunakan NPSN Satuan pendidikan masing-masing kemudian isi kode captcha sesuai yang tertera pada gambar dibawah ini, kemudian jagan lupa ubah password untuk pengamanan akun

  3. Jika sispena tidak bisa login, maka segera hubungi admin dinas kab/kota untuk mendapatkan info lebih lanjutkan atau reset password sispena sekolah bapak ibu.




Akreditasi merupakan suatu bentuk pengakuan pemerintah terhadap suatu lembaga atau satuan pendidikan baik sekolah negeri maupun swasta.BAN-S/M telah menetapkan jumlah dan daftar sekolah/madrasah sasaran yang akan diakreditasi tahun 2018 di setiap provinsi berdasarkan basis data BAN-S/M tentang sekolah/madrasah yang belum diakreditasi dan sekolah/madrasah yang harus diakreditasi ulang. Daftar sekolah/madrasah tersebut diperoleh dari BAP-S/M setelah melalui proses verifikasi pada akhir tahun 2017. 

Berdasarkan data tersebut, BAN-S/M telah menetapkan kuota jumlah sekolah/madrasah per provinsi yang akan diakreditasi melalui biaya APBN tahun 2018. Urutan prioritas sekolah/madrasah yang harus diakreditasi tahun 2018 melalui dana APBN adalah: (1) sekolah/madrasah yang belum diakreditasi; (2) sekolah/madrasah yang telah habis masa akreditasi 2 tahun atau lebih; dan (3) sekolah/madrasah yang sudah habis masa akreditasi 1 tahun. Selain itu, sekolah/madrasah yang berada di daerah Terdepan, Terluar, Tertinggal (3T) juga menjadi prioritas untuk diakreditasi. Jumlah total sekolah/madrasah sasaran akreditasi dari dana APBN tahun 2018 sebanyak 54.000 sekolah/madrasah. 

Dalam hal terjadi efesiensi, maka memungkinkan akan adanya pertambahan kuota sasaran akreditasi. Demikian juga apabila berdasarkan audit dokumen, terdapat sekolah/madrasah yang belum diakreditasi tetapi tidak layak untuk divisitasi, maka dana dapat dialihkan untuk melakukan visitasi terhadap sekolah/madrasah lainnya yang telah habis masa berlaku akreditasinya. Berdasarkan data dari BAP-S/M sampai saat ini, jumlah sekolah/madrasah sasaran yang perlu diakreditasi dari 3 kategori di atas telah melebihi 102 ribu sekolah/madrasah. Untuk menambah sasaran akreditasi, selain dari dana APBN dapat juga menggunakan dana APBD. 

Dalam rangka mengumpulkan informasi tentang sekolah/madrasah secara akurat dan terpercaya untuk proses akreditasi, BAN-S/M telah mengembangkan suatu sistem secara online, yang disebut dengan Sistem Penilaian Akreditasi Sekolah/Madrasah (Sispena-S/M) yang sudah terintegrasi dengan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kemendikbud dan Education Management Information System (EMIS) Kemenag. Sispena-S/M bukan saja alat bantu, akan tetapi merupakan salah satu alat utama yang digunakan untuk menentukan berjalan atau tidaknya proses akreditasi. Bahkan Sispena-S/M menjadi pintu gerbang pertama untuk menentukan sekolah/madrasah dapat mengikuti proses akreditasi atau tidak. Sekolah/madrasah dapat diakreditasi apabila telah mengisi Data Isian Akreditasi (DIA) melalui Sispena S/M.

Related : Pedoman Akreditasi SisPeNa BAN/SM 2018

0 Komentar untuk "Pedoman Akreditasi SisPeNa BAN/SM 2018"